Ini Serangkaian Kegiatan Workshop WBOCS 2021

Direktur Lapangan Yayasan Palung, Edi Rahman saat memberikan kata sambutan sekaligus membuka serangkaian kegiatan Workshop WBOCS 2021 di Cafe Biva, Sukadana, (17-19 Desember 2021). Foto : Egi Iskandar/WBOCS/Yayasan Palung.

Pada tanggal 17-19 Desember 2021 Yayasan Palung melakukan kegiatan Workshop WBOCS di Penginapan Biva, Sukadana, Kabupaten Kayong Utara.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin Yayasan Palung terhadap para penerima beasiswa WBOCS guna untuk meningkatkan kapasitas diri mereka yang dilaksanakan setiap akhir tahun.

 Kegiatan tersebut dilakukan selama kurang lebih 3 hari dengan jumlah peserta 21 orang dari angkatan WBOCS 2018 sampai angkatan 2021.

Selama 3 hari para penerima mendapatkan berbagai materi seperti penyampaian pembuatan laporan berkembangan WBOCS, personal story, presentasi rencana penelitian WBOCS angkatan 2018, membuat rencana kegiatan WBOCS Balek Kampong, materi media kampanye dan fotografi yang dilanjutkan dengan kegiatan fieldtrip di Wisata Hutan Mangrove Sukadana, materi tentang Stasiun Riset Cabang Panti, serta rencana tindak lanjut rekrutmen WBOCS 2022.

Kegiatan berjalan dengan lancar sesuai dengan yang direncanakan. Dalam kegiatan ini juga ikut hadir Edi Rahman, selaku direktur lapangan Yayasan Palung, beliau menyampaiakan kegiatan seperti ini perlu dilaksanakan untuk menambah wawasan para penerima beasiswa dalam hal seperti public speaking, membuat rencana kegiatan dan kegiatan lainnya.

Disamping itu, Yayasan Palung saat ini juga mempunyai wilayah binaan Hutan Desa di Kecamatan Simpang Hilir yang bisa dijadikan salah satu opsi judul penelitian baik secara ekologi maupun sosialnya.

Selain Direktur Yayasan Palung, Edi Rahman, ikut hadir juga Ahmad Rizal, Asisten Penelitian Stasiun Riset Cabang Panti yang menyampaikan materi tentang Stasiun Riset Cabang Panti. Hal ini, bertujuan agar para penerima beasiswa memiliki gambaran terkait rencana penelitian mereka baik yang berada di lapangan maupun di laboratorium.

Rizal juga menjelaskan beberapa bangunan camp yang ada disana beserta fungsinya. Selain itu, Rizal menjelaskan beberapa judul penelitian yang pernah dilakukan para mahasiswa sebelumnya seperti judul penelitian yang berkaitan dengan pakan orangutan, prilaku orangutan, kotoran orangutan baik urin maupun fesesnya, serta beberapa judul penelitian yang lainnya. Setelah semua rangkaian kegiatan workshop WBOCS selama 3 hari selesai, kegiatan dilanjutkan dengan rencana tindak lanjut workshop WBOCS ditahun 2022 dan sesi foto bersama sebelum pulang ke rumah masing-masing.

Penulis : Riduwan

Editor : Pit

Yayasan Palung

3 Comments on “Ini Serangkaian Kegiatan Workshop WBOCS 2021

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: