Ratiah : Cerita Singkatku Mengikuti Kegiatan Kesling di Pangkalan Jihing

Murid-murid SDN 20 Pangkalan Jihing saat mempresentasikan hasil pengamatan mereka di sekitar sekolah. (Foto : Pit/Yayasan Palung)

Hallo, saya Ratiah, WBOCS angkatan 2017. Saat ini sedang menyelesaikan tugas akhir kuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura. Kali ini, saya ingin berbagi mengenai pengalaman saya mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI ) yang bekerjasama Yayasan Palung (YP)  di Desa Pangkalan Jihing, Kecamatan Nanga Tayap, Kabupaten Ketapang.

Kegiatan itu adalah kegiatan Rutin. Jika Yayasan ASRI melakukan Pengobatan Keliling. YP melakukan kegiatan Pendidikan Lingkungan (Kesling). Ini merupakan kegiatan bersama ASRI dan YP. Kami melaksanakan kegiatan tersebut pada Selasa 14 Desember 2021. Saya dan Tim Pendidikan Lingkungan (PL)  YP beserta ASRI berangkat menuju ke desa Pangkalan Jihing. Untuk sampai ke sana kami harus menempuh perjalanan selama kurang lebih enam jam dan melewati beberapa jalan berbukit. Sesampainya di sana rasa lelah saya karena perjalanan pun terbayarkan setelah melihat antusias anak-anak SDN 20 Pangkalan Jihing ketika kami berkunjung ke sekolah tersebut keesokan harinya.

Mereka (murid-murid Sekolah Dasar) terlihat begitu bersemangat menyambut kedatangan kami. Kami saling berkenalan dan bermain game bersama, setelah itu Bang Riduwan dari Tim PL Yayasan Palung menyampaikan materi mengenai flora dan fauna, kemudian kami dan anak-anak yang telah terbagi menjadi beberapa kelompok turun ke lapangan untuk mengamati flora dan fauna yang ada disekitar sekolah mereka. Lalu setelah itu mempresentasikan hasil pengamatannya di depan kelas. Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 Wib hingga 10.00 Wib tersebut berjalan dengan lancar, saya sendiri merasa sangat beruntung dapat kesempatan bertemu mereka yang semangat belajarnya begitu luar biasa. Pada malam harinya kami nonton bareng bersama warga desa Pangkalan Jihing di rumah bapak Sukri tempat kami menginap, sementara itu dari tim @alamsehatlestari mengadakan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan kepada masyarakat di dusun Pangkalan Jihing.

Pada hari terakhir kami 16 Desember 2021, Saya dan Tim (Bang Pit, Bang Wawan, Bang Riduwan dan bang Syainullah) berangkat ke Desa Bayangan, yang jaraknya kurang lebih setengah jam perjalanan dari Desa Pangkalan Jihing. Kami mengunjungi SDN 28 dan SMP 07 Desa Bayangan untuk melakukan kegiatan yang sama. Saya dan Bang Syainullah bertugas untuk memberikan materi dan pendampingan di SD, sedangkan Bang Pit dan Bang Riduwan akan menyampaikan materi Hutan di SMP.

Semua kegiatan kami juga didokumentasikan oleh bang Wawan. Antusias anak-anak di sana pun tidak kalah asik dari sebelumnya. Mereka sangat bersemangat ketika kami ajak mengamati keanekaragaman flora dan fauna yang ada disekitar sekolah mereka, bahkan saya dan anak-anak saling bertukar pengetahuan tentang nama-nama tumbuhan berdasarkan daerah kami masing-masing. Betapa bahagianya ketika mengingat moment dimana mereka tertawa setelah mendengar saya menyebutkan nama bunga dengan sebutan bunga Sugi Nenek begitupan saya ketika mendengar sebutan nama tumbuhan didaerah mereka.

Sungguh pengalaman yang sangat luar biasa, jika ada kesempatan dilain waktu tentu saya tidak akan melewatkannya.

Penulis : Ratiah-WBOCS angkatan 2017

Editor : Pit

Yayasan Palung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: