Tim Konservasi Yayasan Palung

Direktur Yayasan Palung

Victoria Irene Gehrke, MSc ( Direktur Program Yayasan Palung)
Ia merupakan konservasionis berasal dari Swedia, Victoria menggambarkan pengalamannya bekerja  bersama proyek konservasi di beberapa negara  seperti Madagaskar, Kosta Rika dan Honduras. Penelitian dan ketertarikannya pada konservasi ekologi hutan tropis dan konektivitas hutan.
Dia sangat percaya pada pendekatan akar rumput ke pemerintah, menyoroti keterlibatan masyarakat dan pemberdayaan untuk keberhasilan konservasi satwa liar jangka panjang. Binatang favoritnya adalah Lemur dan warna favoritnya biru laut kehijauan. Binatang kesayangannya adalah Anjing, bernama Mio.
WhatsApp Image 2018-08-02 at 14.48.53
Wahyu Susanto, M.Si. (Direktur Penelitian Yayasan Palung)

Sejak dari mahasiswa, pria ini selalu bergelut dengan penelitian orangutan di Taman Nasional Gunung Palung. Beliau juga biasanya mengurus mahasiswa atau mahasiswi baik dari dalam dan luar negeri untuk meneliti di TNGP. Wahyu demikian ia disapa merupakan lulusan Magister Sains.
Ranti Naruri, S.Pd. (Koordinator Lapangan Yayasan Palung)
Sapaan sehari-harinya adalah Ranti, Saat ini ia menjabat sebagai Koordinator Lapangan Yayasan Palung. Ia sangat menyukai warna favorit abu-abu dan hitam. Semua makhluk hidup sangat ia sukai. Sedangkan film kesukaannya adalah Film Action. Ranti merupakan lulusan Sarjana Pendidikan.

Tim Program Sustainable Livehood (SL) Yayasan Palung

F. Wendi Tamariska (Manager Program SL Yayasan Palung)
Pada bulan Mei 2019, Wendi menerima Penghargaan (Pemenang) Whitley Award 2019. Saat ini Wendi sangat intens mendampingi dan mengorganisir masyarakat dalam hal pemberdayaan masyarakat pada program mata pencaharian berkelanjutan di sekitar kawasan TNGP seperti pendampingan kepada kelompok pengrajin hasil hutan bukan kayu, pendampingan kepada kelompok petani organik dan budidaya ikan air tawar. Wendi sangat menyukai warna merah dan menyukai film komedi dan action. Ia sangat menyukai Burung Enggang sebagai binatang khas Kalimantan. Wendi Pernah Kuliah di Bidang Sastra.
Perkebunan dilahan Bentangor (2)
Asbandi (Staf Program SL Yayasan Palung)
Pak Asbandi demikian ia dipanggil, Asbandi merupakan staf di program SL Yayasan Palung berdomisili di Kayong Utara. Pekerjaan rutin dari bapak penyuka semua warna kecuali warna merah dan kuning itu mendampingi petani dan pengrajin. Selain itu juga, Pak Asbandi memiliki keahlian untuk melatih pembuatan pupuk kompos. Asbandi sangat suka traveling ke gunung, sedangkan film action adalah film kesukaan Asbandi dan binatang kesukaannya adalah sapi. Pendidikan terakhirnya adalah Sekolah Menengah Atas (SMA).


Abdul Samad (Staf Program SL Yayasan Palung)
Samad demikian ia disapa, Abdul Samad adalah staf program SL yang sehari-hari bekerja untuk mendampingi kelompok pengrajin, kelompok petani dan kelompok budidaya ikan air tawar. Setiap bulannya pria penyuka warna hitam dan putih tersebut secara rutin memonitoring kelompok petani, kelompok petani dan pengrajin hhbk. Samad sangat meyukai kucing, semua musik dan film Rhoma Irama. Pendidikan terakhirnya adalah Sekolah Menengah Atas (SMA) .
Salmah, S.Sos (Staf Program SL Yayasan Palung)
Wanita asli Kayong Utara ini merupakan staf program SL Yayasan Palung. Ia memiliki hobi olaraga Tinju, ia juga pernah menjadi juara 3 kejuaran tinju Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) mewakili Kabupaten Kayong Utara. Salmah sangat suka dengan binatang Iguana dan penyuka warna Hitam dan merah. Salmah menyelesaikan Studi S1 dengan jurusan Sosiologi Prodi Pembangunan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura.

Program Perlindungan dan Penyelamatan Satwa (PPS) Yayasan Palung


Edi Rahman, S.Sos (Manager Program PPS Yayasan Palung)
Pada tahun 2018, Edi Rahman meraih Penghargaan (pemenang) Ian Redmond Award 2018. Edi Rahman merupakan manager program PPS Yayasan Palung. Edi Rahman merupakan staf Yayasan Palung yang paling senior dibandingkan staf YP lainnya, karena Pak Edi sapaan akrabnya bekerja sejak Yayasan Palung pertama kali berdiri hingga saat ini. Pekerjaan Pak Edi di Yayasan Palung sebagai pendamping masyarakat dalam hal pengelolaan hutan dan pemberdayaan di 5 Desa Hutan Desa dampingan Yayasan Palung di wilayah Simpang Hilir, KKU. Edi Rahman sangat menyukai film-film legenda dan sangat menyukai warna putih. Sedangkan binatang kesukaannya adalah semua jenis burung. Pendidikan terakhirnya adalah Sarjana Ilmu Politik .
29711_1436996893719_4073023_n
Desi Kurniawati, S.H. (Koordinator Program Perlindungan Satwa dan Hutan Desa Yayasan Palung)

Desi, demikian sapaan akrabnya pekerjaan sehari-hari seperti pendampingan masyarakat di desa-desa binaan Yayasan Palung. Desi termasuk orang senior di Yayasan Palung, ia bekerja di YP kurang lebih sudah belasan tahun. Ia sangat menyukai film dokumenter, dicovery dan film-film tentang alam liar.  Wanita yang sangat menyukai warna hitam putih dan merah ini sering kali juga mengisi untuk kampanye lingkungan lewat radio. Desi sangat menyukai kucing. Pendidikan terakhirnya adalah Sarjana Hukum.
Hendri Gunawan, S.H. (Staf Program Perlindungan dan Penyelamatan Satwa Yayasan Palung)

Hendri Gunawan adalah staff PPS Hukum Yayasan Palung. Ia lulusan fakultas hukum. Hendri merupakan alumni penerima Beasiswa Orangutan Kalimantan (BOCS). Pekerjaan sehari-hari pria penyuka warna abu-abu (grey) tersebut adalah memberikan lecture, sosialisasi kepada masyarakat tentang perlindungan satwa dan pendampingan relawan muda dan rutin memberikan materi lingkungan kepada sispala yang ada. Hendri sangat menyukai film action dan pertualangan, Tokek adalah binatang kesukaannnya. Pendidikan terakhirnya adalah Sarjana Hukum.
Sulidra Fredrik Kurniawan, S.T. (Koordinator Perlindungan dan Penyelamatan Satwa Yayasan Palung)

Sulidra Fredrik Kurniawan demikian nama lengkapnya. Sedangkan nama sapaan sehari-harinya Erik atau Erik Sulidra.
Pria ini memiliki hobi fotografi alam liar dan melakukan pengamatan burung (bird watching). Pria ini sangat menyukai warna hitam, putih dan biru . Ia penyuka film Big Year. Pendidikan terakhirnya adalah Sarjana Teknik Arsitektur.

Staff Botanist dan Koordinator Survei di Yayasan Palung

Andre Ronaldo, S.Hut (Staff Botanist dan Koordinator Survei di Yayasan Palung)

Andre Ronaldo atau yang akrab di sapa Andre adalah staff Botanist dan Koordinator Survei di Yayasan Palung. Ia lahir di Bengkayang pada tanggal 11 Juni 1995. Ia merupakan lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura. Semasa kuliah ia aktif dalam organisasi Sylva Indonesia dan memulai karir Botaninya sejak tahun 2014. Sebelum bergabung di Yayasan Palung beliau bekerja sebagai Freelance Botanist untuk beberapa Lembaga Konservasi. Keahliannya adalah Identifikasi tumbuhan, Dokumentasi spesimen dan herbarium, Analisis Vegetasi, Survei HCV, Survey pakan Orangutan, Manajemen team dan Analisis data. Hobbinya adalah berpetualang ke hutan, menyukai warna abu-abu dan film action. Motto dalam hidupnya adalah “The only way to do great work is to love what you do”. Mimpi besar dalam hidupnya adalah menjadi ahli Botani dan membuat buku tentang Botani. Tokoh Botanist yang menginspirasinya adalah CGGJ Van Steenis, seorang Botanist asal Belanda.

Tim Program Pendidikan Lingkungan dan Media Kampanye (Tim PL) Yayasan Palung

Mariamah Achmad, S.Hut (Manager Program Pendidikan Lingkungan Yayasan Palung)

Pada tahun 2016, Mariamah Achmad meraih penghargaan Nobel Women Initiative. Mayi demikian dia disapa, ia bekerja di Yayasan Palung kurang lebih 10 tahun. Adapun kegiatan sehari-hari yang Mayi lakukan bersama Tim dari Program PL Yayasan Palung seperti kunjungan rutin ke sekolah-sekolah dari tingkat SD, SMP hingga SMA dengan program unggulan di dalam kelas seperti  lecture dan puppet show tentang orangutan. Sedangkan program di luar kelas antara lain seperti kunjungan ke lapangan (field trip). Tidak hanya itu, Mayi bersama tim PL Yayasan Palung juga mendampingi  relawan muda (Relawan Tajam, RebonK dan BOCS). Wanita penyuka hijau, coklat dan abu-abu sangat suka dengan  film-film action, super hero, futuristik, romantis dan drama. Mayi juga melakukan pendampingan Pendampingan sekolah-sekolah Adiwiyata juga di dua kabupten (Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara). Mayi juga dikenal sebagai aktivis lingkungan dan aktivis perempuan. Binatang kesukaan dari Mayi adalah Burung, karena ia suka nyanyian dari burung. Pendidikan terakhirnya adalah Sarjana Kehutanan.
Pit
Petrus Kanisius (Staf Program PL dan Media Kampanye Yayasan Palung)
Petrus Kanisius sangat suka menulis dan membaca. Sehari-hari pekerjaannya adalah menulis untuk beberapa media yang ada di Yayasan Palung dan beberapa media yang ada di daerah dan nasional. Selain menulis, Pit demikian ia disapa sehari-hari biasanya juga ikut kegiatan program PL Yayasan Palung dan program-program Yayasan Palung yang lainnya. Ia pernah menjadi Nominator Kompasiana Award 2016, Kategori Penulis “best in Specific Interest” tentang Lingkungan dan Humaniora. Pria penyuka warna hitam ini juga sangat suka film-film komedi dan action, ia juga  sangat menyukai enggang si petani hutan. Pendidikan terakhirnya adalah Sarjana Ilmu Komunikasi.
Simon Tampubolon (Koordinator Program Pendidikan Lingkungan Yayasan Palung untuk Kayong Utara)
Simon nama akrabnya. Pria penyuka fotografi tersebut, pekerjaan rutinnya seperti memberikan ceramah lingkungan (lecture) ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Kayong Utara. Pria berdarah batak ini juga biasanya mendampingi anak-anak yang tergabung dalam Bentangor Club dan mendampingi Relawan REBONK Yayasan Palung. Simon memiliki favorit warna merah, hitam dan putih. Selain juga ia sangat menyukai traveling dan menyukai film-film pertualangan. Pendidikan terakhirnya adalah Sarjana Muda di bidang Kimia.
Haning Pertiwi, S. Pd (Staf Program Pendidikan Lingkungan Yayasan Palung)
Haning, demikian ia disapa sehari-hari. Haning merupakan staf program pendidikan lingkungan. Sehari-hari pekerjaannya kunjungan ke sekolah-sekolah untuk menyampaikan pendidikan lingkungan seperti  ceramah lingkungan (lecture) dan panggung boneka (puppet show). Selain itu, wanita penyuka film komedi, horor dan drama tersebut biasanya juga mendampingi relawan muda (Relawan Tajam Yayasan Palung). Ia sangat suka dengan kucing dan menyukai warna putih dan biru. Haning merupakan lulusan Sarjana Pendidikan.
Riduwan, S.Hut (Staf Program Pendidikan Lingkungan Yayasan Palung di Kabupaten Kayong Utara)
Nama lengkapnya Riduwan, bisa disapa Mas Duwan. Ia merupakan alumni penerima beasiswa BOCS tahun 2014. Pria penyuka baju biru, putih dan hijau ini juga suka jalan-jalan dan memancing. Ia merupakan Staf/Asisten Pendidikan Lingkungan di Kabupaten Kayong Utara. Riduwan sangat menyukai film animasi dan film Samurai X dan binatang kesukaannya adalah Marmut. Pendidikan terakhirnya adalah Sarjana Kehutanan .

Tim Administrasi (Admin) Yayasan Palung

Suyandi (Koordinator Operasional Yayasan Palung)
Suyandi adalah nama lengkapnya, sedangkan nama panggilan sehari-harinya Reno. Sebelum menjadi Staf admin Yayasan Palung, Reno merupakan relawan REBONK. Pekerjaan sehari-hari pria penyuka warna hitam, putih dan biru tersebut adalah mengurusi semua urusan admistrasi yang ada di Yayasan Palung. Reno sangat menyukai film komedi dan pertualangan, ia juga sangat menyukai beo dan tupai sebagai binatang kesukaannya. Pendidikan terakhirnya adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Risya
Risya Rejita (Staf Program Administrasi Yayasan Palung)
Risya demikian ia sering disapa, Risya adalah Admin Yayasan Palung sejak 4 tahun lalu hingga saat ini. Sehari-hari wanita yang menyukai warna biru tersebut sangat ulet dan teliti dalam bekerja. Ia sangat menyukai film komedi dan menyukai kupu-kupu. Pendidikan terakhirnya adalah Sekolah Menengah Atas (SMA).


Mahendra (Staf Program Administrasi Yayasan Palung)
Mahendra adalah staf admin Yayasan Palung, Mahen demikian ia disapa. Pekerjaan sehari-harinya pria penyuka warna-warna cerah dan penyuka film action dan semua film sejarah tersersebut adalah membantu semua urusan yang ada di kantor Yayasan Palung di Kayong Utara. Mahen sangat menyukai kucing. Pendidikan terakhirnya adalah Sekolah Menengah Atas (SMA) .
Rudi Hartono (Staf Administrasi Yayasan Palung)
Rudi Hartono adalah staf admin Yayasan Palung, Rudi demikian ia disapa. Pekerjaan sehari-harinya pria penyuka warna-warna cerah dan penyuka film action serta pertualangan tersersebut adalah membantu semua urusan yang ada di kantor Yayasan Palung Ketapang. Rudi sangat menyukai kucing.
Pendidikan terakhirnya adalah Sekolah Menengah Atas (SMA)
Apolosius Tms, S.Sn. (Relawan/Volunteer Yayasan Palung)
Apolonius Thomas demikian nama lengkapnya. Sehari-hari ia biasa disapa Polo. Apolosius merupakan relawan (volunteer) Yayasan Palung, ia selalu membantu hampir setiap waktu  apapun pekerjaan yang ada di Yayasan Palung.  Pria lulusan Sarjana musik tersebut sangat mahir bermain semua alat musik tersebut biasanya membantu dalam mengambil gambar dan editing video kegiatan Yayasan Palung. Polo juga pekerjaan sehari-hari di luar pekerjaannya sebagai relawan Yayasan Palung, polo biasanya memberikan les musik kepada anak-anak atau siapa saja yang ingin belajar termasuk melatih kelompok Paduan Suara AMBA. Pria penyuka warna biru tersebut sangat menyukai film favorit yaitu Appocalipto, selain juga ia sangat menyukai musik sountrack film dan anjing sebagai binatang kesukaannya. Pendidikan terakhirnya adalah Sarjana Seni Musik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.