Program (Kegiatan) yang Dilakukan oleh Yayasan Palung

Program Pendidikan Lingkungan

Program Pendidikan Lingkungan (PPL) Yayasan Palung sudah ada sejak tahun 1999, menjadi pendukung bagi program Yayasan Palung lainnya di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara. Program unggulan didalam kelas adalah Lecture dan Puppet Show, dan diluar kelas adalah kunjungan lapangan/fieldtrip. PPL juga membina relawan muda yaitu TAJAM, REBONK dan BOCS serta mengelola program beasiswa. PPL memperluas jangkauan masyarakat luas dengan program kampanye media (cetak dan online), siaran radio serta melakukan special event kampanye konservasi secara rutin.

Program Penyelamatan Satwa (PPS-Hukum)

Program PPS- Hukum telah ada di Yayasan Palung sejak tahun 2002, dengan berbagai kegiatan diantaranya; pengelolaan kandang transit satwa (KTS) sampai tahun 2009. Investigasi dan monitoring satwa, investigasi kejahatan terhadap habitat orangutan, ilegal logging, ilegal mining.  Saat sekarang PPS- Hukum focus pada penyelamatan habitat orangutan melalui skema perhutana sosial (inisiasi hutan desa).

Program Sustainable Livelihood

Program Sustainable Livelihood (Program Mata Pencaharian Berkelanjutan) merupakan program pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Palung sejak tahun 2010. Adapun kegiatan utama dari Program SL antara lain seperti inisiasi  dan pendampingan dalam mengolah hasil hutan bukan kayu (HHBK), Pertanian masyarakat dan Aquakultur (budidaya ikan air tawar).

Program Penelitian

Program Penelitian Yayasan Palung (Gunung Palung Orangutan Conservation Program) dimulai sejak tahun 1992 oleh direktur eksekutif Yayasan Palung, Dr. Cheryl Knott. Ini merupakan program penelitian terlama di dunia atau sudah 27 tahun lalu untuk meneliti evolusi, ekologi, prilaku dan kesehatan orangutan yang ada di TNGP. Adapun pusat penelitian orangutan yang dilakukan di Stasiun Penelitian Cabang Panti (SPCP). Penelitian ini juga memberikan kesempatan kepada para siswa-siswi, mahasiswa dan peneleliti dari dalam maupun dari luar negeri untuk mempelajari keanekaragaman hayati berupa flora dan fauna yang ada di Gunung Palung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.