RK-TAJAM Adakan Diskusi Online Lintas Organisasi Memperingati Hari Ozon

Peserta yang mengikuti diskusi online lintas organisasi (bersama organisasi atau komunitas yang ada di Tanah Kayong) yang diselenggarakan oleh RK-TAJAM melalui google meet. (Foto : Haning Pertiwi/Yayasan Palung).

Relawan Konservasi Taruna Penjaga Alam (RK-TAJAM) mengadakan diskusi online lintas organisasi (bersama organisasi atau komunitas yang ada di Tanah Kayong) untuk bergerak bersama-sama menyadarkan masyarakat tentang pentingnya gaya hidup ramah ozon dengan mengangkat tema “OZON FOR LIFE (ozon untuk kehidupan)” melalui google meet, Senin (13/9/2021) kemarin.

Adapun organisasi yang diundang yaitu; Relawan Konservasi untuk Bentangor (REBONK), Impact Circle School, KAMIPALA dan KPK Kayong.

Forum diskusi online ini juga dibuat untuk menyatukan pendapat dengan organisasi lainnya dan mencari solusi tentang permasalahan lapisan ozon.

 Kegiatan dimulai dengan pembukaan dari moderator Rahn Siti Aqila Azzahra dan disambung dengan pertanyaan dari moderator kepada pemantik diskusi Mariamah Ahcmad (praktisi lingkungan) dengan pertanyaan, untuk apa hari ozon diperingati? Mayi sapaan akrab menjawab, mempertingati hari ozon sama saja dengan memperingati hari lainnya, yaitu pasti dengan tujuan tertentu seperti hari ozon diperingati karena untuk mengajak masyarakat akan tahu pentingnya lapisan ozon yang semakin menipis akibat pola hidup mereka.

Sleain Mayi ada juga vanesa sebagai pemantik kedua yang berbagi membandingkan gaya hidup kita yang sekarang dengan negara yang lebih maju salah satunya Jerman, kebetulan  Vanessa salah satu pemantik yang pernah tinggal di Jerman.

Vanessa menjelaskan untuk program di Jerman pemerintah dan masyarakat di sana mengikuti gaya hidup ramah lingkungan seperti penggunaan panel surya dan juga Jerman sebagai negara maju ingin membantu pemerintah Indonesia mencapai target pengurangan emisi GRK.

Lebih lanjut menurut Vanessa, Jerman telah sepakat berkerja sama untuk mendukung upaya Indonesia mengurangi emisi gas rumah kaca dari deforestasi dan degradasi hutan, kerja sama ini dilaksanakan dalam DA-REDD+ program Forest and Climate Change programme (FORCLIME) disambut kata terima kasih dari moderator atas jawaban Vanessa.

Diskusi pun berlanjut dari para pemantik hingga peserta saling bertukar pendapat tentang isu permasalahan lapisan ozon salah satu pendapat dari perwakilan organisasi yaitu Chandra Kurniawan dari Impact Circle School mengatakan, dari pola hidup saja kita itu susah untuk menjadi ramah lingkungan karena saat organisasi maupun kelompok masyarakat lainnya di Indonesia itu masih menggunakan air minum gelas plastik dan itu sama sekali bukan salah satu gaya hidup ramah lingkungan.

Dan diskusi pun terus berjalan sehingga sampailah pada tahap diskusi  tentang kolaborasi kegiatan untuk memperingati hari ozon, diskusian tersebut dibuka oleh ketua RK-Tajam Evinka.

Mayi menyarankan, kegiatan bersepeda bagus untuk kampanye  tentang hidup gaya hidup ramah lingkungan dan sekaligus pengurangan emisi.

Chandra juga menyambut baik saran dari mayi, Wah boleh tuh, soalnya kemarin Impact juga ngadain sepedaan di jembatan kuning sambil melakukan pemungutan sampah dan itu juga akan memberikan dampak besar pada masyarakat. Selanjutnya moderator menanyakan lagi pada peserta, adakah ide lain? Agun dari organisasi REBONK berpendapat, Bagaimana jika kita melakukan penanaman bibit saja. Chandra pun mengatakan, wah boleh juga nih ditambah dengan kampanye penghapusan jejak online karena itu salah satu penyebab penipisan lapisan ozon.

 Evinka Zahra berpendapat, Ide bagus nih temen-temen, jadi dari diskusi yang saya dengar kita mendapat beberapa list nih, salah satunya kampanye online twibbon penghapusan jejak digital, kampanye offline, orasi, pembagian bibit, pesan kampanye, dan nobar untuk menambah wawasan nah jadi itu semua list kegiatan yang akan kita lakukan dari pendapat teman-teman, teman-teman ada yang mau nambahkan saran gak nih teman-teman, nah kalau tidak ada kegiatan diskusi ini akan kita tutup sampai disini.

Penulis : Evinka Zahra (Ketua RK-TAJAM periode 2021-2022)

Editor : Pit & Haning – Yayasan Palung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: