Pelantikan Relawan REBONK Angkatan ke-10

Selamat kepada REBONK Angkatan ke-10 yang baru baru dilantik pada 22-24 Januari 2021 kemarin. (Foto : Yayasan Palung).

Pada hari  Jumat-Minggu tanggal 22-24 Januari 2021 kemarin, Yayasan Palung bersama Relawan Rebonk melakukan kegiatan pelantikan anggota baru Relawan REBONK Angkatan ke-10. Adapun lokasi kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Yayasan Palung (Bentangor) di Desa Pampang Harapan, tepatnya di sekitar hutan mini di jalur Field Trip Bentangor.

Adapun jumlah anggota Relawan REBONK angkatan 10 yang dilantik adalah sebanyak 14 orang yang terdiri dari 3 orang laki-laki dan 11 perempuan.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 14.00 WIB tersebut diawali dengan upacara pembukaan di Aula Bentangor, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan tenda peserta di lokasi kegiatan yang telah ditentukan.

Pada pukul 19.00 WIB kegiatan dilanjutkan dengan sesi perkenalan mulai dari Yayasan Palung (YP), panitia pelantikan hingga peserta pelantikan.

Pada pukul 21.00 WIB, dua orang staf YP dan panitia pelantikan bertemu dengan ular kobra yang tidak jauh dengan lokasi kegiatan. Maka dari itu demi menghindari dan menjaga keselamatan para peserta semua sepakat lokasi dipindahkan ke aula Bentangor.

Selanjutnya, pada pukul 06.00 WIB semua peserta melakukan kegiatan senam pagi yang dipimpin oleh Rabania (Rebonk Angkatan 9) kemudian dilanjutkan dengan game. Pada pukul 07.30 WIB kegiatan dilanjutkan dengan Simulasi Survei Satwa yang dibawakan oleh Simon Tampubolon. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kita pada saat survei satwa yang sesungguhnya. Contoh hewan yang digunakan pada sesi ini adalah emoji (emoticon) senyum dan marah yang telah dipersiapkan oleh panitia kegiatan. Emoji-emoji tersebut diletakkan pada 3 bagian yaitu di atas permukaan tanah, di bagian pertengahan batang pohon dan juga pada bagian atas pohon. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi presentasi.

Pada pukul 10.00 WIB, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang inventarisasi pohon yang dibawakan oleh Riduwan. Adapun tujuan dari penyampaian materi ini bertujuan agar peserta bisa mengamati nama pohon, menghitung keliling pohon dan diameternya, menganalisis kelas pohon apakah masuk kelas semai, pancang, tiang atau pohon. Selain itu juga peserta diajarkan pula bagaimana caranya membuat jalur penelitian dan caranya mengukur diameter pohon. Selanjutnya setelah penyampaian teori selesai, peserta langsung pratek ke lapangan untuk mempraktikkan secara langsung, kemudian hasil dari pengamatan tersebut dipresentasikan didepan peserta lainnya.

Selepas makan siang, tepatnya pada pukul 13.30 WIB peserta diajak untuk bermain (es breaking) yaitu permainan transfer kata yang dibawakan oleh Simon Tampubolon. Peserta dibagi menjadi dua kelompok, cara bermain game ini adalah instruktur akan memberikan petujuk (clue) kepada baris pertama masing-masing peserta.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan agar peserta yang mengikuti pelantikan harus menyampaikan pesan tersebut kepada peserta baris kedua dan seterusnya, pada saat pesan telah sampai kepada baris terakhir, peserta terakhir tersebut harus menyampaikan pesan tersebut kepada instruktur game. Hal yang dapat dijadikan pembelajaran dari game ini adalah bagimana cara kita menyampaikan informasi yang baik dan benar agar informasi tersebut tidak salah jika disebarkan kepublik. Kemudian hal lain yang didapat adalah untuk melatih konsentrasi.

Pada sesi selanjutnya, panitia melanjutkan kegiatan dengan personal story. Masing-masing peserta menemui pendamping yang telah ditentukan, kemudian berbicara secara empat mata. Adapun hal-hal yang dibahas adalah alasan kenapa ingin bergabung dengan Relawan Rebonk, apa yang bisa dilakukan dalam hal meyelamatkan hutan dan satwa orangutan, dan lain-lain. Kegiatan berlangsung hingga pukul 17.00 WIB.

Pukul 19.00 WIB, peserta melanjutkan kegiatan yaitu diskusi persiapan kegiatan Bakti Sosial yang akan dilaksakan ke esokan harinya. Setelah itu peserta istirahat.

Keesokan harinya (24 Januari 2021), tepat pukul 07.00 WIB semua peserta Relawan REBONK Angkatan ke-10 resmi dilantik ditandai dengan penyematan slayer dan juga pin REBONK sekaligus pemilihan ketua Angkatan yang dipimpin langsung oleh Riduwan selaku pembina REBONK.

Pada Angkatan sebelumnya ketua Angkatannya adalah perempuan yaitu saudari Minah dan kali ini juga ketua Angkatan adalah seorang perempuan yaitu saudari Selvi Vebbiani. Pemilihan ketua ini telah didiskusikan oleh semua anggota REBONKdan juga YP.

Setelah sesi penyematan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan baksos yaitu membersihkan Masjid yang ada di Desa Pampang Harapan. Kegiatan bersih-bersih ini dimulai dari pembersihan lantai, kaca, sajaddah, dan juga halaman Masjid. Kegiatan berlangsung selama 2,5 jam. Setelah semua selesai semua peserta kembali Bentangor dan istirahat.

Pada pukul 13.00 WIB semua anggota REBONK mengadakan kegiatan makan bersama yaitu dengan cara membentang tikar dihalaman kantor Bentangor dan makan-makan, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bersih-bersih Bentangor seusai makan bersama.

Minggu (24/1), pukul 14.00 WIB merupakan penghujung dari kegiatan pelantikan yaitu penyerahan bendera Rebonk kepada ketua sebelumnya Minah kepada ketua REBONK yang baru yaitu Selvi Vebbiani, kemudian dilanjutkan dengan evaluasi kegiatan.

Yayasan Palung mengucapkan terima kasih banyak dan selamat kepada anggota Rebonk Angkatan 10 yang telah resmi dilantik. Semoga ini adalah langkah yang positif untuk kita semua dalam menyelamatkan bumi ini….

Riduwan – Pembina REBONK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: