Pembuatan Kolam Ikan Sederhana Sekaligus Penanaman Pohon Bersama Masyarakat Di Dusun Pasir Mayang

3. Pembuatan kolam ikan bahan terpal
Pembuatan kolam ikan bahan terpal di Dusun Pasir Mayang, Desa Pampang Harapan, Kabupaten Kayong Utara

Bulan lalu, tepatnya tanggal 22 september 2015, Yayasan Palung melalui Program Sustainable Livelihood (SL) melakukan kegiatan langsung dengan masyarakat di dusun Pasir Mayang, Desa Pampang Harapan, KKU. Kegiatan tersebut adalah pembuatan kolam ikan sederhana disekitar rumah masyarakat sekaligus penanaman pohon bersama masyarakat setempat.

Kegiatan yang diikuti  12 orang yang  terdiri dari kepala dusun, pak RT, 8 orang warga dan 2 orang dari yayasan palung (Abdul Samad dan Asbandi ) tersebut langsung berkegiatan dalam pembuatan kolam ikan sederhana. Adapun ukuran dari kolam ikan  tersebut adalah 2 x 3M  dengan menggunakan terpal. Seperti yang terlihat, sekitar 10 orang masyarakat dusun Pasir Mayang langsung membuat kolam ikan terpal tersebut.

Setelah selesai pembuatan kolam ikan, Selanjutnya YP-SL (Yayasan Palung-Sustainable Livelihood) dan masyarakat dusun Pasir Mayang melakukan penanaman pohon dengan lokasi di sekitar jalan Pasir Mayang. Adapun 50 bibit pohon yang ditanam seperti; 25 bibit cempedak, 15 bibit rambai, 5 bibit nyatoh dan 5 bibit ubah. Untuk penanaman pohon sekitar 15 orang dari masyarakat dusun Pasir Mayang dan dua orang dari Yayasan Palung.

7. Penghijauan Pasir Mayang
Penanaman Pohon untuk Penghijauan di Dusun Pasir Mayang. Foto dok. YP

Adapun Desa Pampang Harapan, Kecamatan Sukadana, KKUseperti diketahui merupakan desa dimana masyarakatnya berpenghasilan dari hasil hutan, pertanian dan kelautan. Sebagian besar masyarakat Desa Pampang Harapan adalah berkebunan di pegunungan walaupun sebagian dari mereka yang bilang sangat banyak resiko untuk berkebun dipegunungan. Jika ditinjau dari kerusakan hutan, ada  beberapa luasan yang hilang. Ditambah lagi satwa atau primata menjadi ancaman utama seperti orangutan, kelasi, dan beberapa satwa lainnya karena sering kali menjadi penggangu tanaman perkebunan masyarakat. Dengan adanya program sustainable livelihood melakukan pembinaan di masyarakat di Desa Pampang Harapan seperti di dusun Pasir Mayang.

Pembinaan yang dilakukan di dusun pasir mayang yaitu kolam ikan sederhana menggunakan terpal dan ikan lele yang menjadi prioritas utamanya. mengapa kolam ikan terpal dan ikan lele yang menjadi prioritas ?. Karena, biaya atau modal yang dikeluarkan sangat terjangkau  dan ikan lele sangat laris dipasaran.  Kegiatannya mulai dari sosialisasi sampai pertemuan untuk rencana tindak lanjut, YP-SL memberikan bantuan pada bahan dan alat seperti terpal, paku,dll. sedangkan untuk bibit ikan akan mencoba bekerjasama dengan dinas perikanan. Masyarakat  dusun pasir mayang menerima baik dan merasa senang sekali dengan pembinaan yang dilakukan didusun mereka dengan harapan menjadi contoh solusi  kepada yang lainnya.

Kepala Dusun Pasir Mayang, Sena Sulaiman menyatakan; dia dan warganya sangat berharap dengan masuknya program ini menjadi  salah satu solusi untuk penghasil ekonomi yang tidak harus merusak disekitar kawasan hutan dan bisa mengurangi atau bisa jadi tidak lagi bekerja dengan cara merusak hutan. Seperti diketahui, selain berkebun, masyarakat juga ada yang menambang pasir, batu dan penebangan kayu. Dengan adanya pembutan kolam ikan dan penanaman pohon, kedepannya diharapkan masyarakat lebih memilih mendapatkan penghasilan ekonomi dengan cara tampa mengeluarkan modal besar dan lebih efektif, dengan demikian pula cara seperti ini dapat memotivasi desa lain yang berada di kawasan hutan.

Seperti diketahui, Yayasan Palung merupakan lembaga yang bergerak dibidang konservasi hutan dan orangutan. dengan berbagai program seperti investigasi, pendidikan lingkungan melalui penyuluhan kesekolahan sampai masyarakat, informasi lingkungan melalui media radio, koran, putar film, brosur, baliho dan internet. Selain itu, ada juga program sustainable livelihood atau program yang berkelanjutan seperti membangun percontohan pertanian,budidaya dan pembinaan terhadap masyarakat disekitar hutan. Dengan semua program yang ada di Yayasan Palung tujuannya adalah melindungi populasi orangutan dan keanekaragaman-hayati didalam dan disekitar Taman Nasional Gunung Palung.

Dengan adanya kegiatan pembuatan kolam ikan sederhana disekitar rumah masyarakat sekaligus penanaman pohon bersama masyarakat, mudah-mudahan“Masyarakat sejahtera, Hutan Lestari”.

By  : Abdul Samad, YP

Posted in YP

Published by

yayasanpalung

Yayasan Palung, berdiri sejak tahun 2002. Yayasan Palung (YP) merupakan lembaga non profit yang bekerja untuk konservasi orangutan dan habitat serta pengembangan masyarakat. Yayasan Palung bekerja dengan semua pihak yang mempunyai tujuan sama untuk perlindungan terhadap orangutan dan habitat di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.