Yayasan Palung Lakukan Inisiasi Pembentukan Hutan Desa di Beberapa Desa di Kecamatan Teluk Melano

Inisiasi HD di Desa Pemangkat
Inisiasi HD di Desa Pemangkat. Foto Dok. Yayasan Palung

Bulan lalu, tepatnya tanggal 29-30 September 2015, Yayasan Palung melakukan inisiasi pembentukan hutan desa di beberapa desa di Kecamatan Teluk Melano.

Pembentukan hutan desa ini merupakan salah satu amanat dari Peraturan Menteri Kehutanan Repubulik Indonesiaberdasarkan Permenhut Nomor : P. 89/Menhut-II/2014).  Adapun desa-desa yang dilakukan inisiasi yaitu Desa Pulau Kumbang, Desa Pemangkat dan Desa Nipah Kuning di Kecamatan Teluk Melano, Kabupaten Kayong Utara.

Sedangkan kawasan hutan yang akan dijadikan sebagai hutan desa adalah Hutan Lindung Gambut Sungai Paduan.

Sedangkan maksud dan tujuan inisiasi pembentukan hutan desa adalah untuk memberikan akses kepada desa melalui lembaga desa untuk mengelola sumber daya hutan secara lestari dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa secara berkelanjutan.

Dari hasil pertemuan inisiasi tersebut dihasilkan bahwa; ketiga desa menyetujui Kawasan Hutan Lindung Gambut Sungai Paduan dijadikan hutan desa terutama kawasan hutan yang masuk dalam administrasi ketiga desa tersebut.

Saat ini, ketiga desa tersebut sedang melengkapi persyaratan pengajuan hutan desa diantaranya; pertama, pembuatan peraturan desa (perdes) tentang lembaga pengelola hutan desa. Kedua, pembuatan sket lokasi hutan desa. Ketiga, calon-calon anggota lembaga pengelola hutan desa dan lain lainnya diharapkan persyaratan tersebut dilengkapi dan selesai pada bulan Oktober 2015. Besar harapan, semoga hutan desa bisa terbentuk.

Posted in YP

Published by

yayasanpalung

Yayasan Palung, berdiri sejak tahun 2002. Yayasan Palung (YP) merupakan lembaga non profit yang bekerja untuk konservasi orangutan dan habitat serta pengembangan masyarakat. Yayasan Palung bekerja dengan semua pihak yang mempunyai tujuan sama untuk perlindungan terhadap orangutan dan habitat di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.