Berkumpulnya Para Pengrajin HHBK   Jaringan di Bentangor Yayasan Palung

1. HHBK_Pertemuan Jaringan Pengrajin
Foto : Saat Berkumpulnya Para Pengrajin HHBK Jaringan di Bentangor Yayasan Palung. Dok. YP

Pada bulan september lalu, atau tepatnya di  tanggal  11 September 2015, Tim Program SL-YP yang terdiri dari Abdul Samad dan Asbandi mengadakan pertemuan jaringan kelompok HHBK dengan pengrajin HHBK desa dampingan, di Bentangor Yayasan Palung, Desa Pampang Harapan, Kecamatan Sukadana, KKU.

Setidaknya, ada sepuluh  orang pengrajin dari  dua kelompok (Kelompok Peramas Indah dari Desa Pangkalan Buton dan Kelompok Karya Sejahtera dari Desa Sejahtera) yang hadir dalam pertemuan jaringan HHBK. Sedangkan 2 kelompok yang lain (Kelompok Anugerah dari Desa Harapan Mulia dan Kelompok Harapan Desa dari Desa Batu Barat ) tidak bisa hadir karna sarana transportasi dan cuaca yang tidak mendukung.  Walaupun cuaca dengan kabut asap yang tebal pertemuan tetap berjalan baik dan lancar.

Pertemuan jaringan kelompok HHBK merupakan berkumpulnya semua pengrajin dari 4 desa dampingan, seperti pengrajin dari Desa Pangkalan Buton, Desa Sejahtera, Desa Harapan Mulia dan Batu Barat. Pertemuan jaringan kelompok HHBK ini rutin dilakukan di tiap bulan dengan tujuan yaitu penguatan kelompok pengrajin, sharing antara pengrajin, membahas permasalahan dalam kelompok sekaligus solusinya  dan informasi terpenting yang harus diketahui semua pengrajin.

Adapun hal-hal yang dibahas dalam pertemuan jaringan antara lain adalah; karena  informasi dari Dekranasda untuk ikut perlombaan pembuatan produk souvenir dari bahan hasil hutan bukan kayu dalam rangka menyongsong sail karimata, yang akan dilaksanakan mulai dari pertengahan bulan september 2015 dan akhir oktober 2015 penilaian dan pemenang dari perlombaan pembuatan souvenir.

Selain itu juga,  informasi pesanan motif produk dari PO ZACC untuk konferensi di Amerika dengan  jumlah yang di pesan sekitar 375 produk, 10 lembar tikar ukuran sedang, 100 buah anyaman pandan motif kalung, 100 buah anyaman pandan motif anting, 100 buah anyaman pandan motif gelang, 40 buah lekar motif tempat gelas, 20 buah lekar motif piring sedang, 5 buah lekar motif keranjang dengan pegangan.  Masing- masing kelompok pengrajin HHBK membagi produk yang akan dibuat.

Tidak semua  produk yang dipesan sesuai dengan pesanan atau jumlahnya, karena ada beberapa kendala atau masalah yang dihadapi pengrajin dalam pembuatan produk, Pertama;  cuaca yang terlalu panas sangat mempengaruhi kualitas pandan dan sangat sulit menganyam diwaktu cuaca sangat panas akan mengakibatkan kerusakan. Kedua; Cuaca panas dan kabut asap tebal sangat mempengaruhi dalam mengambil bahan baku. Ketiga ; Kebakaran hutan di Desa Sejahtera, Dusun Melinsum  mengakibatkan banyak produk seperti rotan untuk pengikat lekar motif bertangkai dan pandan habis terbakar. Keempat; Pengrajin harus mempersiapkan untuk menyambut hari raya idul adha sehingga waktunya menjadi terbagi. Itulah kendala yang dihadapi pengrajin, tetapi walaupun begitu banyak kendala pengrajin masih bisa membuat produk seperti  100 buah anyaman pandan motif kalung, 100 buah anyaman pandan motif anting, 100 buah anyaman pandan motif gelang, 11 lembar tikar ukuran sedang, 10 buah lekar motif alas gelas dan 10 buah lekar motif piring.

Kelompok pengrajin HHBK berharap semoga  ada terciptanya peluang pasar dalam penjualan produk kerajinan. Dengan adanya pasar, produk dari para pengrajin bisa berjalan dengan baik dan lancar sehingga bisa memotivasi pengrajin yang sedikit melemah dalam kerajinan disebabkan ketidaklancaran penjualan kerajinan. Selain itu juga hal ini menjadi memotivasi masyarakat yang lain untuk menjaga kelestarian hutan.

By  : Abdul Samad, YP

Published by

yayasanpalung

Yayasan Palung, berdiri sejak tahun 2002. Yayasan Palung (YP) merupakan lembaga non profit yang bekerja untuk konservasi orangutan dan habitat serta pengembangan masyarakat. Yayasan Palung bekerja dengan semua pihak yang mempunyai tujuan sama untuk perlindungan terhadap orangutan dan habitat di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.