Awal Tahun, Yayasan Palung Adakan Kegiatan Lecture di Kecamatan Simpang Hilir

Ketika lecture di MTS Negeri 1 Kayong Utara dengan melakukan sosialisasi “Manfaat Orangutan bagi Hutan dan Manusia”. Foto : Agun & Rizal WBOCS

Pada Rabu (12/1/2022) sampai Jumat (14/1/2022), Yayasan Palung melalui tim pendidikan lingkungan melakukan kegiatan lecture (ceramah lingkungan) di sekolah tingkat dasar dan menengah pertama.

Lecture pertama kami lakukan di sekolah MTS Negeri 1 Kayong Utara dengan melakukan sosialisasi “Manfaat Orangutan bagi Hutan dan Manusia”. Peserta kegiatan ini adalah siswa kelas 8 yang diikuti oleh 40 orang.

Keesokan harinya, Kamis (13/1) kegiatan dilanjutkan ke Sekolah SDN 6 Rantau Panjang, Kecamatan Simpang Hilir. Materi yang disampaikan adalah “Manfaat Hutan Bagi Kehidupan”.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti adalah siswa kelas 5 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa.

Dihari ke tiga tepatnya Jumat (14/1) kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi di SMPN 5 di Desa Padu Banjar, Kec. Simpang Hilir. Materi yang disampaikan adalah “Manfaat Orangutan bagi Hutan dan Manusia”. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah siswa kelas 8 dengan jumlah peserta 50 orang.

Alur kegiatan lecture ini dilakukan seperti biasa yaitu diawali dengan perkenalan, kemudian bermain game, penyampaian materi dan terakhir sesi tanya jawab.

Dari kegiatan lecture yang telah dilakukan di tiga  sekolah tersebut, ada hal yang menarik ketika kami di SMPN 5 Simpang Hilir. Ketika kami bertanya kepada semua peserta mengenai Orangutan, ternyata mereka selama ini tidak mengetahui bahwa status orangutan itu sangat terancam punah dan dilindungi oleh undang-undang.

Mereka paham dengan satwa orangutan, tetapi mereka tidak mengetahui bahwa orangutan dilindungi. Nah, dengan kejadian ini sosialisasi mengenai satwa-satwa yang dilindungi perlu dilakukan secara merata. Dengan harapan para generasi muda dapat menyebarkan informasi yang bermanfaat terhadap orang lain.

Narasi : Riduwan-Yayasan Palung

Foto: Agun prayoga dan M. Rizal -WBOCS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: