Sebarkan Virus Lingkungan, Tingkatkan Kapasitas Relawan Berkampanye Lewat Radio

Desi Kurniawati saat memberikan materi tentang Radio kepada relawan REBONK. (Foto : Simon/YP).

Banyak cara untuk menyebarkan virus lingkungan. Satu diantaranya meningkatkan kapasitas relawan untuk berkampanye lingkungan lewat radio. Itulah kegiatan yang dilaksanakan Yayasan Palung pada Sabtu (8/5/2021) pekan lalu di Bentangor, Desa Pampang Harapan, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara.

Kegiatan yang bertajuk buka puasa bersama sembari ngabuburit ini Relawan Bentangor untuk Konservasi (REBONK) diberi kesempatan untuk meningkatkan kemampuan dengan mengadakan Pelatihan Kampanye Lingkungan melalui Radio, kata Simon Tampubolon, selaku staf Pendidikan Yayasan Palung di Kabupaten Kayong Utara.

Desi Kurniawati dari Yayasan Palung selaku pemateri berbagi tips, diskusi dan bagaimana cara kepada relawan REBONK terkait tentang bagaimana kampanye lingkungan melalui radio.

Para peserta yang mengikuti pelatihan terlebih dahulu diberikan materi dasar radio. Mereka juga diajak untuk bagaimana agar penyiar mengetahui alur dan tips bersiaran agar tidak gugup saat bersiaran. Selain itu juga, peserta diajak untuk menyebarkan informasi (virus) lingkungan lewat radio.

Selanjutnya, peserta pelatihan radio diajak untuk membuat skrip (panduan materi saat siaran) dan satu persatu peserta melakukan praktek siaran radio.

Beberapa diantara peserta yang mengikuti pelatihan radio awalnya tampak ragu untuk mencoba praktik siaran radio karena alasan masih belum biasa dan malu. Tetapi akhirnya mereka berani mencoba untuk praktik siaran.

Setelah pelatihan radio selesai dilakukan dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Kegiatan yang diikuti oleh 25 peserta dari REBONK tersebut berjalan sesuai rencana dan mendapat sambutan baik dari para peserta.

Petrus Kanisius-Yayasan Palung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: