Inilah Beberapa Rangkaian Kegiatan yang Dilakukan Oleh WBOCS Balek Kampong Project

WBOCS Balek Kampong Project yang berkegiatan di Kecamatan Sungai Laur mengadakan kegiatan ngecamp (camping di alam) dan memasang plang himbauan untuk peduli sampah. WBOCS Balek Kampong Project yang berkegiatan di Kecamatan Sungai Laur mengadakan kegiatan ngecamp (camping di alam) dan memasang plang himbauan untuk peduli sampah. (16-17 Januari 2021) kemarin. Foto : Yayasan Palung.

Seperti tahun-tahun sebelumnya WBOCS (West Bornean Orangutan Caring Scholarship) Balek Kampong Project selalu melakukan serangkaian kegiatan di beberapa tempat di Ketapang dan Kayong Utara. Tahun ini, teman-teman WBOCS melakukan beberapa kegiatan di beberapa tempat Seperti di Kabupaten Ketapang (kecamatan Sandai dan Kecamatan Sungai Laur) dan di Kabupaten Kayong Utara yang dilaksanakan di Pantai Pasir Mayang.

WBOCS Balek Kampong Project di Ketapang misalnya melaksanakan kegiatan Diskusi film dokumenter “Our Mothers’ Land” dari @thegeckoproject, Film documenter yang bercerita tentang perlawanan perempuan Indonesia terhadap perusahaan yang mencari kendali atas sumber daya alam mereka. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh teman-teman dari tim WBOCS Balek Kampong Project di Ketapang yang terdiri dari; Muhammad Syainullah, Ilham Pratama, Mita Anggreini, Mega O.G, Ari Marlina dan Surianto. Kegiatan tersebut mereka lakukan pada 20 Januari 2021, kemarin. Kegiatan yang dilaksanakan di Kekili Kopi tersebut, juga ikut serta teman-teman dari RK-TAJAM Yayasan Palung sekaligus melakukan penggalangan dana untuk korban banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Di Kayong Utara, WBOCS Balek Kampong Project yang melaksanakan serangkaian kegiatan yang disingkat SHALAM (Sharing di Alam). Kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan terbuka, tepatnya di Pantai Pasir Mayang, pada (20/12/2020) kemarin.

Beberapa materi yang disampaikan antara lain adalah pengenalan tentang beasiswa WBOCS dan materi mengenai pengenalan flora dan fauna. Selanjutnya juga mereka melakukan pemasangan plang di sekitar Pantai Pasir Mayang.

Beberapa isi dari pesan yang ada pada plang tersebut seperti antara lain seperti;  “Pantai Bukan Tempat Sampah”, “Kita Jaga Hutan, Hutan Jaga Kita”, “Lestarikan Hutan untuk Masa Depan”, dan “Punya Iman? Jaga Kebersihan”. Para peserta sangat berantusias dalam pemasangan plang tersebut.

Adapun pelaksana dari kegiatan dari tim WBOCS Balek Kampong Project yang melaksanakan kegiatan di Kayong Utara adalah; Rafikah, Gilang Pratama, Sonia Utami, Fitri Melyana, Rizal dan Ahmad Albab.

Lihat selengkapnya di : https://yayasanpalung.com/2021/01/05/wbocs-balek-kampong-project-adakan-kegiatan-shalam-dan-pemasangan-plang-himbauan-peduli-sampah-di-pantai

Tim WBOCS Balek Kampong Project yang berkegiatan di Kecamatan Sandai melaksanakan kegiatan Lecture (ceramah lingkungan) di sekolah di SMPN 3 Sandai, pada 9 Januari 2021. Adapun materi yang disampaikan adalah tentang Hutan, materi tersebut disampaikan kepada 35 siswa-siswi yang  berasal dari kelas 7,8 dan 9. Setelah melakukan lecture, tim WBOCS Balek Kampong project berkesempatan membagikan media kampanye berupa Majalah MIaS Yayasan Palung. Tim pelaksana WBOCS Balek Kampong di Sandai adalah; Gusti Irawan, Reni Riasari, Winda Lasari dan Fransiska Suhaimi.

Sementara itu, WBOCS Balek Kampong Project yang berkegiatan di Kecamatan Sungai Laur mengadakan kegiatan ngecamp (camping di alam) dan memasang plang himbauan untuk peduli sampah. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 16-17 Januari 2021. Saat ngecamp peserta diajak untuk berdiskusi tentang alam dan lingkungan. Beberapa peserta yang ikut serta dan bekerjasama dalam kegiatan tersebut adalah Kopal (Komunitas Pencinta Alam Sungai Laur). Hadir pula tamu undangan dari Pencinta Alam Sandai (Kompas), Backpaker Sungai Laur dan Bebeker Butak Tulik (BBT).  Sebagai pelaksana kegiatan WBOCS Balek Kampong Project di Kecamatan Sungai Laur adalah Siti Nurbaiti, Peri Auri, Monica dan alumni WBOCS Junardi.

Selanjutnya juga teman-teman WBOCS Balek kampong di Ketapang Kota mengadakan kegiatan;  

Pelatihan Kampanye Lingkungan Kreatif Melalui Media Sosial yang dilaksanakan tersebut untuk menstimulasi perkembangan teknologi khususnya kemudahan dalam memperoleh dan membagikan informasi di sekitar, termasuk isu lingkungan yang kini kian memprihatinkan, membutuhkan bantuanmu untuk menyuarakan perubahan dan yang masih bingung gimana caranya berkampanye (plus kreatif). Sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Nurdiati (Co-Founder Pongo Ranger Community). Kegiatan ini dilaksanakan oleh teman-teman WBOCS di kantor Yayasan Palung pada 24 Januari 2021, kemarin.

Seperti diketahui, Balek Kampong Project merupakan agenda tahunan yang wajib dilaksanakan oleh semua penerima WBOCS sebagai salah satu bentuk kampanye terhadap orangutan dan lingkungan. Kegiatan dilakukan secara terpisah antar dua kabupaten yaitu Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara.

Petrus Kanisius-Yayasan Palung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: