Belajar Langsung Tentang Keanekaragaman Hayati Di Lingkungan Sekitar Sekolah

Siswa-siswi ketika melakukan identifikasi tumbuhan dan hewan di sekitar lingkungan sekolah SMPN 1 Ketapang. Foto dok : Yayasan Palung

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengenal keanekaragaman hayati di sekitar sekolah, seperti misalnya lewat Fieldtrip (kunjungan lapangan) sekaligus belajar langsung yang dilaksanakan pada 9-10 Desember 2019 kemarin, di SMPN 1 Ketapang.

Adapun pengamatan yang harus diamati antara lain yaitu mengamati jenis tumbuhan dan hewan yang ada disekitar sekolah. Jumlah siswa yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 60 siswa setiap harinya (pada hari pertama dan kedua kegiatan fieldtrip), kemudian kegiatan tersebut juga didamping oleh beberapa guru dari SMPN 1 Ketapang sendiri untuk mengarahkan dan mendampingi siswa pada saat pengamatan. Pengamatan keanekaragaman hayati dilakukan di sekitar lingkungan sekitar sekolah SMPN 1 Ketapang.

Beberapa tumbuhan yang ada di sekitar sekolah yang berhasil diidentifikasi oleh siswa-siswi seperti pohon manga, pucuk merah, petai cina, cengkodok dan jambu. Selain tumbuhan, saat pengamatan siswa-siswi berjumpa dengan hewan seperti kodok, ada pula ditemukan jenis serangga; kumbang, semut dan lebah. Selain itu juga ada tumbuh-tumbuhan obat seperti serai, kunyit dan jahe.

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut yaitu untuk mengenalkan dan menambah wawasan siswa tentang keanekargaman hayati disekitar lingkungan sekolah. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, semua rangkaian kegiatan mulai pukul 07.00-12.00 WIB.

Semua Peserta yang mengikuti Fieldtrip. Foto dok : Yayasan Palung

Rangkaian kegiatan dimulai dengan pembagian kelompok pengamatan dan pembagian mentor (6 orang guru sebagai mentor). Selanjutnya siswa diarahkan untuk melakukan pengamatan yang sudah ditentukan dan masing-masing siswa wajib untuk menggambar dan menulis ciri-ciri tumbuhan atau hewan yang di amati, selanjutnya siswa diarahkan ke pos satu untuk mempresentasikan hasil pengamatan kepada tim dari Yayasan Palung untuk menilai apa yang telah diamati oleh siswa, selanjutnya siswa melanjutkan perjalanan menuju pos dua.

Pada pos dua siswa diarahkan untuk membuat bahan presesntasi untuk dipresentasikan kepada kelompok lainnya, guru dan tim Pendidikan Lingkungan Yayasan Palung (Haning Pertiwi, Junardi dan Sumihadi). Ikut serta pula Adam dan Bambang selaku Relawan Tajam Yayasan Palung.

Ada pun bahan presentasi yang dibuat yaitu hasil dari pengamatan individu oleh siswa akan disatukan di kertas plano. Setelah membuat bahan presentasi siswa melanjutkan perjalanan menuju ke pos tiga, pada pos tiga, siswa ditugaskan untuk memilih moderator untuk memandu presentasi dan presenter untuk menyampaikan hasil pengamatan tentang keanekaragaman hayati disekitar sekolah, dan selanjutnya siswa menuju pos empat untuk melakukan presentasi hasil pengamatan di depan Guru pendamping dan Tim Yayasan Palung.

Terlihat keceriaan dan semangat dari siswa-siswi ketika mengikuti kegiatan tersebut dan mendapat sambutan baik pula dari mereka.

Penulis : Junardi-BOCS

Editor : PitYayasan Palung

Posted in YP

Published by

yayasanpalung

Yayasan Palung, berdiri sejak tahun 2002. Yayasan Palung (YP) merupakan lembaga non profit yang bekerja untuk konservasi orangutan dan habitat serta pengembangan masyarakat. Yayasan Palung bekerja dengan semua pihak yang mempunyai tujuan sama untuk perlindungan terhadap orangutan dan habitat di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.