Dari Lapangan ke Ruang Kelas Para Peneliti Turun Gunung untuk Berbagi Ilmu tentang Orangutan

Saat peneliti berbagi informasi kepada siswa-siswi di sekolah. Foto dok. Yayasan Palung

Baru-baru ini, Asisten Peneliti Yayasan Palung di Stasiun Penelitian Cabang Panti, Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) turun gunung (dari lapangan ke ruang kelas) untuk berbagi ilmu pengetahuan/ilmu (informasi) dan mengenalkan kepada siswa-siswi tentang apa saja pekerjaan yang mereka kerjakan/lakukan, terkait penelitian mereka di TNGP ke sekolah-sekolah (ruang kelas).

Adalah Tori Bakely, asisten peneliti Yayasan Palung (GPOCP) bersama Sabta dan Sahril berkesempatan mengunjungi sekolah-sekolah di Sukadana dan berbicara tentang penelitian yang mereka lakukan di Cabang Panti. Adapun sekolah yang beruntung dikunjungi oleh peneliti adalah SMAN 1 Sukadana dan SMAN 2 Sukadana, pada 5 Maret 2019, bulan lalu.

 ”Ini merupakan pengalaman yang luar biasa untuk berbagi pengetahuan saya tentang hutan dan program kami dengan para siswa yang tidak jauh lebih muda dari saya. Saya juga senang mendengar rekan kerja saya berbicara tentang pekerjaan mereka karena mereka berbicara dengan kegembiraan dan hasrat dan mengungkapkan sisi diri mereka yang tidak terlihat di lapangan. Mengizinkan para peneliti untuk berbicara langsung kepada siswa tidak hanya menginspirasi mereka untuk mengejar ilmu pengetahuan, tetapi juga menyoroti bagian penting dari konservasi yang kadang-kadang diabaikan. Saya berharap dapat mengunjungi lebih banyak sekolah di masa depan untuk menunjukkan kepada siswa sekolah menengah tentang pekerjaan yang berlangsung di hutan dan peluang yang ada dalam jangkauan mereka. ”, kata Tori.

Saat berbagi informasi kepada siswa-siswi di sekolah, para peneliti mengenalkan kepada siswa-siswi tentang konsep kerja lapangan seperti  pekerjaan penelitian yang mereka kerjakan, aktivitas, sejarah penelitian di Gunung Palung, pekerjaan para peneliti laboratorium di Stasiun Penelitian Cabang Panti, TNGP. Mereka (peneliti) juga bercerita tentang bagaimana mereka meneliti dan mengikuti orangutan, sekaligus juga memotivasi siswa-siswi siapa tahu diantara siswa-siswi ada yang tertarik menjadi peneliti.

Wahyu Susanto, selaku Direktur Penelitian Yayasan Palung (YP)/ GPOCP mengatakan, “Sosialisasi (berbagi informasi) ke sekolah-sekolah de dilakukan tim peneliti dari proyek orangutan kepada para pelajar sma dirasakan dirasakan cukup tepat. Hal ini secara langsung akan dapat cepat menumbuhkan kesadar tahuan mereka tentang kehidupan orangutan liar, yg sebenarnya dekat dengan kehidupan mereka juga. Mereka, para pelajar sma adalah remaja yang sedang tumbuh berkembang menuju dewasa, sehingga pemikiran merekapun akan bertambah dewasa pula. Dengan demikian, bila mereka sudah mengerti dan memahami tentang pentingnya orangutan bagi kehidupan dan hutan, maka secara dewasa mereka akan lebih bijak dalam menyikapi ancaman-ancaman yang terjadi pada kehidupan orangutan dan habitatnya”.

Pada kesempatan pertama, peneliti berkesempatan berkujung di SMAN 1 Sukadana dan diikuti oleh 59 orang peserta yang hadir dan pada kesempatan kedua di SMAN 2 Sukadana diikuti oleh 80 orang peserta.  

Semua rangkaian kegiatan berbagi informasi ke sekolah-sekolah yang dilakukan oleh para peneliti berjalan sesuai dengan rencana dan mendapat sambutan baik dari pihak sekolah.

Tulisan ini sebelumnya dimuat di : http://pontianak.tribunnews.com/2019/05/07/dari-lapangan-ke-ruang-kelas-para-peneliti-berbagi-ilmu-tentang-orangutan-ke-sekolah-sekolah

Petrus Kanisius-Yayasan Palung

Posted in YP

Published by

yayasanpalung

Yayasan Palung, berdiri sejak tahun 2002. Yayasan Palung (YP) merupakan lembaga non profit yang bekerja untuk konservasi orangutan dan habitat serta pengembangan masyarakat. Yayasan Palung bekerja dengan semua pihak yang mempunyai tujuan sama untuk perlindungan terhadap orangutan dan habitat di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.