Ayo! Semua Nonton Bareng Film Mission Critical : Orangutan on The Edge di Cafe Oxxy

Walimah 1 jadi
Stop!!! Merusak Hutan, Lindungi Kehidupan Orangutan. Foto dok. Yayasan Palung

Buat semua kawan atau siapa saja ayo!  Kita bersama menyaksikan/ nonton bareng (Nobar) tentang film; Mission Critical : Orangutan on The Edge yang betempat di Cafe Oxxy, kota Ketapang, pada hari jumat, 24 Juni 2016. Adapun nobar tersebut rencananya dilaksanakan pada pukul 20.30  Wib.

Bermula pada tahun 1980-an GPOP (Gunung Palung Orangutan Project) mengadakan penelitian Orangutan di Cabang Panti, Kawasan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) yang luasnya 2100 Ha. Penelitian tersebut dilakukan oleh Cheryl Knott dan Tim Laman beserta para asisten yang berasal dari wilayah Sukadana.

Dari pengalaman selama penelitian, melihat terdapat ancaman terhadap habitat dan orangutan di TNGP, GPOP kemudian membentuk sebuah lembaga non profit Yayasan Palung (Gunung Palung Orangutan Conservation Program-GPOCP) pada tahun 2002 dengan program awal yaitu Pendidikan Lingkungan untuk penyadartahuan kepada anak-anak dan masyarakat luas tentang konservasi Orangutan dan Habitatnya di dua Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara. Maka hadirnya film Mission Critical : Orangutan on The Edge, merupakan pengalaman panjang penelitian yang dilakukan di Stasiun Riset Cabang Panti untuk dikemas dalam sebuah film, yang pada tahun 2015 oleh Tim Laman dan Nat-Geo Wild membuat sebuah film dokumenter berseri dan bercerita tentang kehidupan orangutan di Gunung Palung.

Sekilas tentang Sinopsis film Mission Critical : Orangutan on The Edge atau kurang lebih boleh dikata (Misi Kritis: Misi Orangutan Di Bumi yang hampir punah):

Film tersebut bercerita tentang orangutan bernama Walimah yang hidup di Taman Nasional Gunung Palung. Film ini hadir dan menceritakan kehidupan alam liar orangutan yang mendiami kawasan Gunung Palung, lebih khusus Orangutan Walimah sejak usianya bayi hingga dewasa. Selain itu, dalam film tersebut menceritakan pula para peneliti, diantaranya pasangan Tim Laman dan Cheryl Knott yang mencurahkan hidup mereka untuk meneliti perilaku-perilaku orangutan yang sangat menarik serta syarat akan ilmu pengetahuan. Di bagian lain bercerita tentang keberadaan orangutan yang berada di luar kawasan konservasi dalam ancaman nyata. Sudah pasti film tersebut sangat menarik. Anda Penasaran??? Untuk lebih lengkapnya, saksikan secara langsung bersama kami di  Channel Nat-Geo Wild.

Semoga saja, kawan-kawan semua dapat meluangkan waktu untuk menyaksikan film dokumenter ini, dengan harapan semoga dengan hadirnya film ini juga ada tumbuh semangat konservasi terlebih terhadap orangutan dan hutan dapat lestari hidup dan terselamatkan dari ancaman kepunahan di muka bumi ini.

By : Petrus Kanisius-Yayasan Palung

Published by

yayasanpalung

Yayasan Palung, berdiri sejak tahun 2002. Yayasan Palung (YP) merupakan lembaga non profit yang bekerja untuk konservasi orangutan dan habitat serta pengembangan masyarakat. Yayasan Palung bekerja dengan semua pihak yang mempunyai tujuan sama untuk perlindungan terhadap orangutan dan habitat di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.