Kelompok Tani Meteor Garden Berhasil Panen Cabai  100 Kg di Lahan yang Mereka Olah

Saat Kelompok Tani Meteor Garden panen Cabai. (Foto : Asbandi/Yayasan Palung).

Pada Rabu (7/12/2022) kemarin, Kelompok Tani Meteor Garden berhasil panen 100 kg Cabai di kebun mereka di Desa Pampang Harapan, Kabupaten Kayong Utara.

Sekarang tidak perlu bercocok tanam di daerah gunung lagi dan tanpa merusak hutan, kini kelompok tani Meteor Garden telah memanfaatkan lahan dibelakang rumah  mereka masing-masing secara produktif yang kini menjadi pilihan kelompok dampingan Yayasan Palung binaan dari Program Sustainable Livelihood.

Penanaman cabe (Capsicum frutescens) menjadi primadona bagi kelompok tani kami untuk ditanam di karenakan harga jual cabe masih tergolong tinggi. Pada awal pertengahan Agustus sudah melakukan penyemaian dengan luasan lahan 20 x 20 m2 dan jumlah bibit cabe yang ditanam sekitar 1.220 pohon, selain itu juga, mereka menanam tanaman lain seperti jagung, mentimun, terong sebagai tanaman tumpang sari.  

Dan sekarang mereka berhasil memanen hasil dari yang mereka lakukan selama ini, sebanyak 100 kg cabe telah di panen dan di jual seharga Rp. 65.000 sampai Rp. 75.000/Kg ke pengepul maupun pembeli yang langsung dari kebun mereka di bulan Desember ini.

Foto-foto saat panen cabai/cabe :

Abdul Samad, Field Officer dari Program Sustainable Livelihood YP, mengatakan bahwa ini adalah upaya kerja keras mereka dalam menjaga lingkungan dan hutan mereka. Apalagi monitoring rutin yang kami lakukan di setiap bulannya itu membuat mereka memiliki tanggung jawab untuk kami tahu seberapa banyak yang mereka tanam dan mereka hasilkan dari apa yang sudah mereka lakukan selama ini terutama sebagai petani. Dari binaan ini, kami hanya membantu mereka untuk mendapatkan bantuan dari berbagai pihak terkait seperti Pemerintah Desa maupun Pemerintah Daerah dalam bentuk bantuan benih atau peralatan untuk mendukung pertanian mereka.

Seperti diketahui, Mereka selalu gotong royong ketika mengolah lahan, menanam ataupun saat panen. Berharap mereka (kelompok tani Meteor Garden) bisa semakin maju, mandiri dan berkembang.

Baca juga :

https://pontianak.tribunnews.com/2022/12/08/kelompok-tani-meteor-garden-kayong-utara-bersama-yp-berhasil-panen-cabai-100-kg

Pit-Yayasan Palung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: