YP Adakan Pelatihan Bisnis Plan Bagi Kelompok Usaha Perhutanan Sosial di Wilayah Hutan Desa

Semua peserta yang mengikuti pelatihan Bisnis Plant berfoto bersama. (Foto : Hendri Gunawan/Yayasan Palung).

Yayasan Palung bekerjasama dengan Fauna and Flora International (FFI) melakukan kegiatan pelatihan Bisnis Plan terhadap KUPS di beberapa wilayah hutan desa di Kecamatan Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara, pada Senin hingga Selasa, (28-29/11/ 2022).

Kegiatan pelatihan Bisnis Plan dibuka langsung oleh Ibu Nurmala, Perwakilan dari kecamatan Simpang Hilir.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Pertemuan Kantor Kecamatan Simpang Hilir  tersebut dihadiri oleh 27 peserta yang merupakan perwakilan dari  Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS)  perwakilan dari 6 Hutan Desa (Padu Banjar, Pulau Kumbang, Pemangkat, Nipah Kuning,   Penjalaan,  dan Rantau Panjang) di wilayah hutan desa di Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara. Hadir pula perwakilan dari Bumdes Desa Pulau Kumbang dan Padu Banjar.

Hendri Gunawan, selaku Koordinator Program Hutan Desa, mengatakan, adapun tujuan dari kegiatan ini antara lain adalah untuk Membekali KUPS dan Bumdes di wilayah hutan desa agar memiliki pemahaman dan pengetahuan secara mendalam tentang pentingnya perencanaan dan pengelolaan usaha yang tepat serta manfaat bisnis plan. Selain itu, KUPS dan Bumdes dapat menyusun dan memahami perencanaan dan pengelolaan usaha bagi usaha yang telah dijalankan. Selanjutnya juga, KUPS dan Bumdes memahami konsep manajemn produksi dan operasi, manajemen sumber daya manusia dan manajemen keuangan kelompok. KUPS dan Bumdes memahami tehnik analisis investasi dan manajemen strategi terkait  pengembangan kinerja kelompok. Berharap peserta pelatihan dapat memahami tehnik penyusunan business plan yang efektif. Selanjutnya juga pelatihan ini sebagai forum bertukar pengetahuan dan pengalaman dalam pengembangan usaha.

Sebagai pemateri pada pelatihan tersebut adalah ibu Ningrum. Ningrum merupakan salah satu penggiat UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut, peserta pelatihan dibekali dengan ragam materi diantaranya adalah materi tentang ; Analisis Pasar dan Pemasaran(Segmentasi Konsumen, Nilai-nilai Produk yang Ditawarkan, Saluran Distribusi, Sumber Pendapatan Utama, Hubungan dengan Pelanggan/Pasar, Kegiatan Kunci, Sumber Daya Kunci Yang Dimiliki, Mitra Kunci dan Struktur Biaya).

Selain itu ada pula ibu Ningrum selaku pemateri menyampaikan materi tentang  (Kerangka Manajemen Produksi, Perencanaan dan Penjadwalan Operasi, Manajemen Persediaan , Manajemen Mutu, Anggaran Biaya Operasi dan lain-lain).

Selanjutnya juga disampaikan materi tentang Analisis Keuangan (proyeksi, pendapatan dan pengeluaran. Disampaikan pula materi tentang Pengembalian modal, pengembalian atas investasi, perhitungan penggunaan Biaya dan lain sebagainya. Ada pula materi tentang Analisis Rencana Pengembangan Usaha dan Pemasaran.

Pada hari kedua pelatihan, Selasa (29/11), ibu Ningrum selaku pemateri memberikan materi pelatihan kepada peserta pelatihan tentang Pembuatan Packaging Produk Dalam Upaya Meningkatkan Produk Usaha Kecil Menengah.

Sebagai moderator dalam pelatihan bisnis plan tersebut adalah Edi Rahman yang juga merupakan Direktur Yayasan Palung.

Disampaikan pula materi tentang Pelatihan Pengembangan Produk Makanan Berbahan Baku Nanas. Ada pula Praktek Pengembangan Produk Makanan Berbahan Baku Nanas yang berupa stik nanas dan kerupuk nanas.

Diakhir kegiatan, peserta diajak untuk diskusi dan Rencana Tindak Lanjut (RTL) oleh Yayasan Palung (YP) dan Fauna and Flora International (FFI).

Baca juga :

https://pontianak.tribunnews.com/2022/12/07/pelatihan-business-plan-yp-harap-kups-di-kayong-utara-pahami-pengelolaan-dan-rencana-usaha

https://kumparan.com/petrus-kanisius/yp-adakan-pelatihan-bisnis-plan-bagi-kups-di-wilayah-hutan-desa-1zNz2i03M2B

Petrus Kanisius-Yayasan Palung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: