YP Adakan Pelatihan Guru, Ajak Guru Implementasikan Pendidikan Konservasi di Sekolah

Cerita Bernita Purba, S.Hut dari TANAGUPA saat menyampaikan materi pada pelatihan Guru yang diselenggarakan oleh Yayasan Palung di SD Negeri 28 Penjalaan. (Foto : Rudi-Yayasan Palung)

Tidak kurang 12 guru berkesempatan mengikuti Pelatihan (training) Guru, pada Rabu (30/11/2022). Kegiatan tersebut diadakan oleh Program Pendidikan Lingkungan dan Kampanye Kesadaran Konservasi Yayasan Palung di SD Negeri 28 Penjalaan, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara.

Pelatihan Guru tersebut sebagai salah satu ajakan kepada guru untuk mengimplementasikan pendidikan konservasi di sekolah.

Manajer Pendidikan Lingkungan dan Media Kampanye Yayasan Palung, Widiya Octa Sefiany, pada kesempatan tersebut mengucapkan berterima kasih kepada pihak sekolah yang telah memberikan tempat untuk berkegiatan.

Lebih lanjut Widiya, sapaan akrabnya mengatakan, “Bulan November merupakan bulan spesial bagi pahlawan tanpa tanda jasa ialah guru, 25 November merupakan hari guru, hari dimana seluruh dunia mengenang jasa seorang guru. Program pendidikan lingkungan Yayasan Palung ikut serta mengucapkan terimakasih kepada seluruh guru yang ada di Indonesia. Sebagai bentuk dedikasi program pendidikan lingkungan terhadap pendidikan, program pendidikan lingkungan telah melaksanakan kegiatan Training Guru, dengan harapan guru sebagai perpanjangan tangan mengimplementasikan pendidikan konservasi ke siswa-siswi karena guru adalah sumber ilmu yang mendidik generasi bangsa.”

Dalam pelatihan guru tersebut, tidak hanya diikuti oleh SDN 28 Penjalaan tetapi juga diikuti oleh MIS Insan Kamil.

Sebagai pemateri dalam kegiatan pelatihan Guru tersebut antara lain adalah Cerita Bernita Purba dari pihak dari Taman Nasional Gunung Palung (TANAGUPA) yang menyampaikan materi tentang; Kawasan Hutan Taman Nasional Gunung Palung Sebagai Habitat Orangutan (Pongo pygmaeus wurmbii).

Materi kedua pada pelatihan guru disampaikan adalah Simon Tampubolon dari Yayasan Palung, yang menyampaikan materi tentang; Konservasi Orangutan dan Habitatnya.

Tidak hanya itu, pada kesempatan tersebut Riduwan dari Yayasan Palung menyampaikan materi tentang;  Gaya Hidup Ramah Lingkungan.

Foto-foto kegiatan :

Selanjutnya juga semua peserta pelatihan guru di ajak untuk berdiskusi tentang Implementasikan Pendidikan Konservasi di Sekolah.

Dari diskusi tersebut, pihak sekolah menyambut baik dengan diadakannya pelatihan guru. Mashadi, selaku kepala SDN 28 Penjalaan, sangat berharap di tahun-tahun mendatang kegiatan serupa bisa terus dilakukan di sekolahnya.

Semua rangkaian kegiatan tersebut berjalan sesuai dengan rencana dan mendapat sambutan baik dari pihak sekolah.

Baca juga :

https://pontianak.tribunnews.com/2022/12/06/gelar-pelatihan-di-kayong-utara-yp-ajak-guru-implementasikan-pendidikan-konservasi-di-sekolah

https://www.kompasiana.com/pit_kanisius/638eaec54addee39f95889d2/yp-adakan-pelatihan-guru-ajak-guru-implementasikan-pendidikan-konservasi-di-sekolah

Petrus Kanisius-Yayasan Palung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: