Ini Serangkaian Kegiatan yang Dilakukan Oleh YP dan Relawan untuk Memperingati Hari Bumi

Ilustrasi gambar Bumi. Foto Mauritius Alpha Merio Akira (SMK Petrus Ketapang)

Setiap tanggal 22 April penduduk dunia selalu memperingati hari bumi sebagai pengingat dan perlunya peran serta masyarakat yang mendiami bumi ini agar bisa dan boleh peduli pada nasib bumi ini.

Adapun tema Hari Bumi Sedunia tahun 2022 adalah “Invest In Our Planet” atau “Berinvestasi di Planet Kita”.

Gerakan Hari Bumi Sedunia pertama kali dilakukan pada tanggal 22 April 1970 itu, tentu menjadi sebuah harapan agar setiap insan manusia boleh kiranya peduli pada nasib bumi ini.

Serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam rangka hari bumi 2022 oleh Yayasan Palung (YP) bersama dengan Relawan RK-TAJAM, REBONK, Simpang Keramat Kids dan Bentangor Kids mengadakan berbagai kegiatan.

Berikut rangkaian kegiatan Hari Bumi 2022 yang dilakukan :

Seperti misalnya, Simpang Keramat Kids melakukan kegiatan Hari Bumi dan Buka Puasa Bersama  kegiatan telah dilakukan pada tanggal 13 April 2022 kemarin.

Materi yang disampaikan tentang Hari Bumi. Mengapa ada perayaan hari bumi? Bagimana kondisi bumi yang baik dan kondisi bumi yang sudah rusak? Apa saja penyebab kerusakan bumi? Apa saja yang kita lakukan untuk menjaga bumi? Apa manfaatnya menjaga bumi? Selain itu kami juga memutarkan video-video tentang lingkungan. Di setiap pemutaran satu video diminta peserta untuk menceritakan ulang video yang ditonton, apa saja pesan yang didapatkan dari video tersebut. Cara ini sebagai langkah agar anak usia dini memiliki kecintaan dan kepedulian kepada bumi dan lingkungan.

Selanjutnya, pada tanggal 21 April 2022, Bentangor Kids mengadakan serupa seperti yang dilakukan pada kelompok Simpang Keramat Kid, Kegiatan yang disampaikanseperti materi tentang hari bumi, dengan memberikan pengetahuan Mengapa ada perayaan hari bumi? Bagimana kondisi bumi yang baik dan kondisi bumi yang sudah rusak? Apa saja penyebab kerusakan bumi? Apa saja yang kita lakukan untuk menjaga bumi? Apa manfaatnya menjaga bumi? Selain itu kami juga memutarkan video-video tentang lingkungan. Di setiap pemutaran satu video diminta peserta untuk menceritakan ulang video yang ditonton, apa saja pesan yang didapatkan dari video tersebut. Dengan harapan ini sebagai mereka cinta lingkungan dan bumi ini. Setelah materi dilanjutkan dengn buka puasa bersama.

Selain itu, RK-TAJAM akan merayakan hari Bumi dengan kreasi Ecoprint, pembagian bibit pohon gratis dan Buka puasa bersama yang akan diadakan pada tanggal 22 April 2022.

Sedangkan, REBONK akan merayakan hari Bumi pada Sabtu 23 April 2022. Kegiatan meliputi bukber dan membuat pesan kampanye kemudian foto bersama.

Selamat hari bumi tahun 2022

Petrus Kanisius-Yayasan Palung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: