YP Adakan Pelatihan Pengembangan Produk Bambu untuk Para Perajin Dampingan

Yanta dari YBL Yayasan Bambu Lestari sebagai trainer (pelatih) dalam kegiatan itu tampak serius melatih. (Foto : Tim SL/Yayasan Palung).

Tanaman bambu mudah kita dapatkan selain untuk membuat produk yang bisa dipakai namun juga bisa dijadikan sebagai sumber makanan lauk pauk dari bambu muda yang disebut Rebung.

Pada pelatihan pengembangan produk yang diselenggarakan oleh Program Sustainable Livelihood Yayasan Palung (YP) para perajin diajak untuk memanfaatkan produk dari bahan dasar bambu. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Kantor Yayasan Palung Bentangor Education Center, Desa Pampang Harapan, Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, pada Rabu-Kamis (23-24/3/2022).

Ranti Naruri, Manager Program Sustainable Livelihood (SL) Yayasan Palung, mengatakan, Setidaknya ada 11 peserta dari perajin bambu dampingan YP telah mendapatkan pelatihan pengembangan produk baik dari pengawetan bambu supaya tidak patah dan tahan lama serta motif yang belum pernah mereka buat.

YP menghadirkan Yanta dari YBL Yayasan Bambu Lestari sebagai trainer (pelatih) dalam kegiatan itu. kegiatan  yang dilaksanakan selama dua hari tersebut berjalan dengan lancar.

Foto-foto kegiatan :

Semoga ini menjadi alternatif perajin anyaman dalam memanfaatkan hasil hutan bukan kayu selain daun pandan, kata Ranti.

Produk-produk yang dianyam pada pelatihan pengembangan produk dari bahan baku bambu tersebut seperti besek dengan berbagai bentuk dan motif.

Semua rangkaian kegiatan pelatihan tersebut berjalan sesuai dengan rencana dan mendapat sambutan baik dari peserta yang hadir.

Tulisan ini sebelumnya telah dimuat di Tribun Pontianak : https://pontianak.tribunnews.com/2022/03/27/kembangkan-kreativitas-warga-yayasan-palung-beri-pelatihan-olah-kerajinan-tangan-dari-bambu

Petrus Kanisius

(Yayasan Palung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: