Memperingati Hari Hutan Internasional, Yayasan Palung dan Para Pihak Tanam Pohon

Perwakilan dari setiap LPHD yang berkesempatan melakukan penanaman Pohon. (Foto : Robi Kasianus/Yayasan Palung).

Dalam Rangka memperingati hari Hutan Internasional yang dirayakan pada 21 Maret, Yayasan Palung (YP) bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat, Kesatuan Pengelolaan Hutan Kayong bersama dengan 7 Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) binaan YP melakukan penanaman pohon secara simbolis di halaman kantor Resort KPH Kayong di desa Pemangkat Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara.

Hendri Gunawan, Koordinator Program Hutan Desa Yayasan Palung, mengatakan, Setelah kegiatan penanaman selesai dilakukan, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan pembuatan Rencana Kerja Perhutanan Sosial (RKPS) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) untuk setiap LPHD dampingan Yayasan Palung yang ada di Kecamatan Simpang Hilir.

Ada tujuh LPHD yang megikuti kegiatan tersebut seperti dari LPHD Simpang Keramat, LPHD Hutan Bersama, LPHD Alam Hijau, LPHD Kumbang Betedoeh, LPHD Banjar Lestari, LPHD Muara Palong, LPHD Batu Barat Jaya.

Foto-foto kegiatan :

Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 Wib tersebut diawali dengan penanaman pohon secara simbolis di halaman Kantor Resort Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kayong oleh Kepala KPH Kayong, bapak Hendarto. Selanjutnya penanaman pohon dilakukan oleh Direktur Lapangan Yayasan Palung, Edi Rahman dan dari Penyuluh Kehutanan Provinsi kalimantan Barat, ibu Yuni serta dari perwakilan masing-masing tujuh LPHD kecamatan Simpang Hilir. Kemudian dilanjutkan dengan perancangan RKPS dan RKT tahun 2022 untuk semua LPHD dampingan Yayasan Palung, kata pria yang akrab disapa Hendri tersebut.

Adapun tujuan dari kegiatan Pelatihan pembuatan RKT ini yaitu terbentuknya RKPS dan RKT tahun 2022 untuk 7 LPHD di Kecamatan Simpang Hilir yang difasilitasi oleh Penyuluh kehutanan Provinsi Kalimantan Barat yang diselesnggarakan oleh Yayasan Palung dan KPH Kayong, kata Hendri.

Setidaknya ada 25 bibit pohon yang ditanam pada kegiatan tersebut, bibit pohon yang di tanam adalah matoa dan pohon ketapang.

Hendri berharap, kegiatan ini menyeragamkan dan mensinergikan program kegiatan yang akan dikerjakan secara Bersama oleh  LPHD di tujuh hutan desa kecamatan simpang hilir dengan program yayasan Palung serta program KPH agar kegiatan pengelolaan dan perlindungan hutan desa pada tahun 2022 ini dapat berjalan dengan maksimal sesuai dengan rencana yang telah disusun secara bersama.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari 21 orang (setiap LPHD diwakili 3 orang), dari KPH 3 orang, dari YP 3 orang dan dari DLHK Provinsi 1 orang.

tulisan ini juga dimuat di : https://kumparan.com/petrus-kanisius/memperingati-hari-hutan-internasional-yp-dan-para-pihak-tanam-pohon-1xkiU71Ta2d

Petrus Kanisius

(Yayasan Palung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: