Fieldtrip Peningkatan Kapasitas Relawan di Hutan Desa Simpang Tiga Sembelangaan

Erik Sulidra saat menmberikan penjelasan kepada para relawan yang melakukan identifikasi burung. (Foto : Petrus Kanisius/Yayasan Palung).

15 orang Relawan Taruna Penjaga Alam (RK-TAJAM) berkesempatan untuk melakukan fieldtrip peningkatan kapasitas di Hutan Desa (HD) Simpang Tiga Sembelangaan, Kecamatan Nanga Tayap, Sabtu (12/3/2022).

Serangkaian kegiatan dilakukan selama satu hari tersebut diisi dengan materi dan praktek. Ada dua materi yang diberikan dalam kegiatan tersebut.

Pada kesempatan pertama, Sebagai pemateri adalah Wawan Anggriandi. Wawan sapan akrabnya memberikan materi tentang THAB (Teknik Hidup Alam Bebas). Materi tersebut disampaikan oleh Wawan.

Dalam penyampaian materinya, Wawan menjelaskan tentang pentingnya kita untuk mengetahui teknik hidup di alam bebas. Pada penyampaian materi lebih ditekankan bagi relawan harus bisa menggunakan rumus AMAT (Air, Makanan, Api, dan Tempat Tinggal) saat bertahan hidup di hutan.

Wawan sebagai pemateri saat memberikan materi THAB. (Foto : Petrus Kanisius/Yayasan Palung).

Selain itu, mereka juga melakukan teknik membuat api dan membuat bivak (tempat untuk melindungi diri saat berkemah/tenda). Bivak merupakan salah satu kemampuan wajib survival di alam bebas.

Selanjutnya, materi kedua disampaikan oleh Erik Sulidra dari Yayasan Palung. Adapun materi yang disampaikan adalah Teknik Identifikasi Burung.

Erik Sulidra sebagai pemateri berharap dengan adanya penyampaian materi ini relawan bisa meningkatkan pemahaman relawan tentang pentingnya keberadaan burung di alam dan dapat mengenalkan kepada relawan teknik identifikasi burung.

Haning Pertiwi, selaku Pembina Relawan Taruna Penja Alam (RK-TAJAM), mengatakan, semoga dengan adanya pelatihan peningkatan kapasitas ini, wawasan  anggota RK-TAJAM dapat mengajak banyak orang untuk berbuat baik kepada alam.

Foto-foto :

Saat berkegiatan, kami sangat terbantu oleh Pardi selaku pemandu (guide) dari Lembaga Pengelola Hutan Desa Simpang tiga Sembelangaan.

Semua rangkaian kegiatan berjalan sesuai rencana dan mendapat sambutan baik dari peserta. Sebelum mengakhiri semua rangkaian kegiatan, kami pun berkesempatan untuk berfoto bersama.

Tulisan ini juga dimuat di: https://kumparan.com/petrus-kanisius/fieldtrip-peningkatan-kapasitas-relawan-di-hutan-desa-simpang-3-sembelangaan-1xgO35rRciV/full

https://pontianak.tribunnews.com/2022/03/17/relawan-konservasi-tajam-tingkatkan-kapasitas-relawan-melalui-field-trip-di-nanga-tayap

Petrus Kanisius-Yayasan Palung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: