Memanfaatkan Lahan Tidur, Tanam Sayur Organik dengan Sistem Merandep

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bercocok tanam (bertani), seperti misalnya Kelompok Rintis Betunas memanfaatkan lahan tidur untuk menanam ragam sayur organik dengan sistem merandep.

Salmah, selaku staff Program Suistainable Livelihood (Program Mata Pencaharian Berkelanjutan) Yayasan Palung, mengatakan, Kelompok Rintis Betunas bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan tidur untuk menanam ragam sayur organik.

Menariknya kelompok tani Rintis Betunas masih memegang budaya gotong royong yang masyarakat setempat sebut sistem merandep (Gotong royong bergantian) dilahan anggota kelompok Rintis Betunas, sistem yang mereka lakukan seperti ini agar pekerjaan lebih mudah dan ringan, menjaga keakraban sesama kelompok, cepat selesai dan secara tidak langsung tetap menjaga budaya gotong royong agar tidak hilang, kata Salmah.

Kelompok tani  menanam ragam sayur organik di beberapa lahan, tidak hanya di  lahan tidur,  mereka juga memanfaatkan lahan mereka yang mereka biasa bertani dan membuka lahan baru.

Ada pun bibit yang mereka tanam antara lain seperti ; bibit timun, terong hijau, terong ungu, labu, cabe dan kacang panjang.

Kelompok tani memulai bercocok sejak bulan Juli lalu, beberapa tanaman diantaranya sudah  tumbuh, seperti tanaman timun misalnya.

Seperti diketahui, Kelompok Tani Rintis Betunas yang berlokasi di Pal 5, Desa Riam Berasap Jaya, Kabupaten Kayong Utara merupakan kelompok binaan Program Suistainable Livelihood (Program Mata Pencaharian Berkelanjutan) Yayasan Palung.

Kelompok tani Rintis Betunas dibentuk pada bulan Oktober tahun lalu, mereka beranggotakan 10 orang.

Tulisan ini dimuat di ruai.tv : https://ruai.tv/kayong-utara/manfatkan-lahan-tidur-poktan-ini-tanam-sayur-organik/

Penulis : Pit

Editor : Yandhi

(Yayasan Palung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: