LPHD Magang, Belajar Smart Patrol dan Pengenalan Biodiversity

Peserta magang smart patrol ketika berjumpa sarang orangutan tipe C. Foto : Hendri Gunawan/Yayasan Palung

5  LPHD binaan Yayasan Palung (YP) berkesempatan melaksanakan magang untuk belajar smart patrol di Hutan Desa Sungai Besar, Kecamatan Matan Hilir Selatan Ketapang, pada Senin sampai Selasa (3-4/5/ 2021) lalu.

Beberapa perwakilan LPHD binaan YP (1 orang LPHD Banjar Lestari dari Desa Padu Banjar, 1 orang LPHD Kumbang Beteduh dari Desa Pulau Kumbang, 1 orang LPHD Alam Hijau dari Desa Pemangkat, 1 orang LPHD Hutan Bersama dari Desa Nipah Kuning dan 1 orang LPHD Simpang Keramat Desa Penjalaan) bersempatan untuk belajar smart patrol kepada rekan-rekan Hutan Desa Sungai Besar yang merupakan binaan dari Yayasan IAR Indonesia.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut diisi dengan berbagai materi, diantaranya adalah materi tentang Smart Patrol, pengenalan biodiversitas yang ada di kawasan Hutan Desa Sungai Besar, pelatihan pengamatan burung, penggunaan GPS dan pengambilan foto dengan aplikasi Cyber tracker.

Ada beberapa cerita menarik saat mereka magang, diantaranya adalah berjumpa dengan sarang orangutan tipe C. Selain juga mereka berjumpa dengan Kucing Dampak Kucing Dampak (Kucing Tandang) Kucing Hutan Kepala Datar / Flat – Headed Cat (Prionailurus planiceps) dan bekas cakaran beruang pada pohon kayu.

Hendri Gunawan, sebagai Pendamping dari Program Hutan Desa Yayasan Palung berharap setelah perwakilan LPHD mengikuti magang ini nantinya mereka dapat melakukan kegiatan smart patrol di kawasan hutan desa masing-masing, dengan demikian hutan desa dapat terjaga.

Penulis : Petrus Kanisius

Editor : Yandhi

(Yayasan Palung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: