Ini Jenis Tumbuhan yang Unik dan Menjadi Pakan Orangutan

Tahukah kalian?  Di Stasiun Riset Cabang Panti (SRCP), Taman Nasional Gunung Palung (TANAGUPA) ada jenis tumbuhan yang sangat unik dan menjadi sumber pakan orangutan.

Ada banyak jenis-jenis pohon pakan orangutan, satu diantaranya adalah jenis kayu malam. Pohon ini sangat unik, karena berbuah pada batangnya. Umumnya jenis kayu malam berbuah pada percabangannya, tapi jenis yang satu ini berbuah pada batangnya. Tumbuhan ini memiki nama ilmiah Diospyros diepenhorstii.

Keberadaan kayu ini sangat penting karena menjadi sumber pakan orangutan dan sangat penting untuk dijaga kelestariannya. Buah dari kayu malam merupakan salah satu pakan orangutan.

Pohon ini berukuran tinggi mencapai 15 meter dan berdiameter 20 centimeter (cm). Serta berada pada habitat hutan dataran rendah dengan ketinggian 200 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Biasanya jenis pohon ini umum ditemukan pada habitat hutan dataran rendah. Serta pada habitat hutan dipterocarp atau meranti-merantian campuran hingga ketinggian 1800 MDPL.

Penyebarannya di Negara Thailand, Filipina, Semenanjung Malaysia. Kemudian di Indonesia umumnya ditemukan di Sumatera dan Kalimantan termasuk di Kalimantan Barat.

Sudah sepatutnya kita semua untuk menjaga dan melestarikan jenis pohon seperti ini. Satu di antara cara melestarikan orangutan yakni menjaga habitat dan ketersediaan pakannya di hutan.

Sebelumnya tulisan ini dimuat di : https://thekalimantanpost.com/2021/04/10/yayasan-palung-ajak-lestarikan-pohon-hutan-sumber-pakan-orangutan

Andre Ronaldo- Staf Botanis Yayasan Palung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: