Rayakan Hari Pohon Sedunia 2020, RK-Tajam Melaksanakan Bakti Sosial dan Tanam Pohon

Saat Relawan Konservasi Tajam Merayakan Hari Pohon 2020 dengan melakukan baksos dan menanam pohon di Cilincing bersama Pokdarwis Celincing, Ketapang, Kalimantan Barat (22/11) kemarin. (Foto : RK-Tajam)

Tidak kurang 20 anggota RK-Tajam (Relawan Konservasi Tajam) bersama  3 anggota Pokdarwis Celincing Bersatu melakukan kegiatan Bakti Sosial membersihkan sampah anorganik di sekitaran pantai  dan melakukan penanaman pohon sekaligus merayakan Hari Pohon Sedunia 2020. Kegiatan tersebut dilaksanan di Desa Baru, Pantai Celincing Desa Sukabaru Katapang, Kalimantan Barat, Minggu (22/11/2020) kemarin.

Rangkaian kegiatan tersebut dimulai pukul 07.00 WIB dan sebagai titik kumpul pertama yaitu dikantor Yayasan Palung. Pada titik kumpul pertama kami mempersiapkan segala sesuatu yang harus dibawa menuju lokasi seperti alat-alat kebersihan, mempersiapkan  makanan dan minuman, serta memastikan anggota yang akan berangkat.

Kak Haning Pertiwi, selaku pembina RK-Tajam dan Kak Yandhi (selaku Manager Program Pendidikan Lingkungan Yayasan Palung) beserta kak Sola Gratia Sihaloho  dari RK- Tajam angkatan 3 dan bang Syainullah dari RK- Tajam angkatan 4 memberikan pengarahan kepada teman-teman relawan.

Titik kumpul ke dua yaitu dikediaman bapak Jainuri di Desa Baru, untuk meminta izin langsung  kepada beliau selaku pengurus pantai Celincing. Dirumah pak Jainuri, Pokdarwis Celincing Bersatu memberikan bibit pohon Ketapang Cendana dan bibit pohon Bakau untuk ditanam di sekitaran kawasan pantai Celincing.

Selanjutnya, dari kediaman Bapak Jainuri kami menuju lokasi dimana kami berkegitan, dengan jalan kaki bersama. Bibit Pohon Ketapang Cendana kami taman sebelum masuk ke Gerbang pantai. Bapak Jainuri memberikan arahan kepada kami ketika menanam pohon. Sebagai perwakilan menanam pohon adalah kak Haning Pertiwi selaku pembina dan kak Yandhi selaku manager PL.

Beberapa dari teman kami dan anggota dari Pokdarwis Celincing menanam bibit Bakau di sekitar pantai, tak banyak pohon yang kami tanam, ada 22 bibit pohon yang dapat kami tanam, karena air laut mulai pasang membuat kami cukup kesulitan melakukan penanaman pada hari itu.

Setelah kami menanam pohon kami melakukan bakti sosial (baksos) memungut sampah yang ada sekitar taman di wilayah itu. Selanjutnya kami membersihkan sampah di bibir pantai dengan cara menelusuri secara menyebar.

Titik kumpul ketiga,  lokasi baksos sudah ditentukan oleh Bapak Jainuri dan Infondari. Seperti diketahui dari  rencananya tempat ini (Cilincing) akan dijadikan camping ground. Ditempat ini para anggota Tajam memungut sampah dan mengumpulkan ranting-ranting kayu untuk ditumpuk menjadi satu tempat dan selanjunya dibersihkan.

Pada kegiatan bakti sosial membersihkan sampah dan tanam pohon dalam rangka hati pohon sedunia 2020 tersebut teman-teman RK-Tajam dan anggota Pokdarwis Cilincing sangat bersemangat sekali, setelah kegiatan selesai semua beristirahat bersama. Mengigat teman-teman relawan yang mengikuti kegiatan ini dari berbagai angkatan, maka kami mengadakan permainan (game) yang dimainkan bertujuan agar semua relawan saling mengenal. Setelah permainan selesai teman-teman relawan dan anggota Pokdarwis menyudahi semua rangkaian kegiatan dan semua rangkaian kegiatan berjalan sesuai rencana.

Penulis : Maryani (RK-Tajam Angkatan 9)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: