Cerita Singkat tentang Panti Asuhan Kambing

Panti asuhan kambing ini dikelola oleh Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Kumbang Mandiri yang ada di Desa Pulau Kumbang, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara. Foto : Yayasan Palung

Panti asuhan kambing ini dikelola oleh Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Kumbang Mandiri yang ada di Desa Pulau Kumbang, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara.

Panti Asuhan Kambing ini terbentuk atas kerjasama kelompok yang berjumlah 15 orang pada tahun 2019.

Atas dasar terbentuknya panti asuhan kambing ini adalah sebagai bentuk (cara) dari masyarakat/kelompok panti asuhan kambing agar kambing tidak bebas berkeliaran di jalan dan bisa ditampung di panti asuhan kambing untuk dipelihara dengan pembagian hasil penjualan dan bagi anak antara kelompok dan pemilik kambing.

Lihat juga informasi serupa di Instagram Yayasan Palung

View this post on Instagram

Cerita Singkat tentang Panti Asuhan Kambing Panti asuhan kambing ini dikelola oleh Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Kumbang Mandiri yang ada di Desa Pulau Kumbang, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara. Panti Asuhan Kambing ini terbentuk atas kerjasama kelompok yang berjumlah 15 orang pada tahun 2019. Atas dasar terbentuknya panti asuhan kambing ini adalah sebagai bentuk (cara) dari masyarakat/kelompok panti asuhan kambing agar kambing tidak bebas berkeliaran di jalan dan bisa ditampung di panti asuhan kambing untuk dipelihara dengan pembagian hasil penjualan dan bagi anak antara kelompok dan pemilik kambing. Selain itu juga, adanya panti asuhan kambing ini sebagai sarana edukasi di desa itu (Desa Pulau Kumbang) bagi pemuda-pemudi agar bisa menjadi contoh bagaimana cara beternak yang baik. Sampai saat ini ada sekitar 47 kambing yang ada di panti asuhan kambing. Dari 47 kambing, kambing tersebut adalah milik KUPS , Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) dan milik milik masyarakat. Saat ini yang mengelola panti asuhan kambing adalah KUPS yang diketuai oleh bapak Aspar Edi. Sedangkan LPHD Pulau Kumbang yang mengurus panti asuhan kambing adalah Syapirin. Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Kumbang Mandiri merupakan binaan Yayasan Palung @yayasan_palung @savewildorangutans dan Perhutanan Sosial. Seperti diketahui, UKM tersebut juga bergerak dalam bidang kerajinan hasil hutan bukan kayu (hhbk) seperti tempurung kelapa, asap cair, dodol kelapa, keripik pisang. Selain kelompok ini memiliki demplot kunyit yang diberi nama Cabe Liak Bawang Kunyit (CLBK). Berharap, panti asuhan kambing ini bisa berkembang dan dapat membantu masyarakat di sekitar hutan. 📸 : @yayasan_palung @savewildorangutans Narasi : Pit @nafas_hidupalamraya @petruskanisiuspit #hutandesa #perhutanansosial #yayasanpalung #YayasanPalung #yayasan_palung #hutan #simpanghilir #pulaukumbang #pantiasuhan #kambing #pantiasuhankambing_kku #lphd

A post shared by Yayasan Palung (YP) (@yayasan_palung) on

Selain itu juga, adanya panti asuhan kambing ini sebagai sarana edukasi di desa itu (Desa Pulau Kumbang) bagi pemuda-pemudi agar bisa menjadi contoh bagaimana cara beternak yang baik.

Sampai saat ini ada sekitar 47 kambing yang ada di panti asuhan kambing. Dari 47 kambing, kambing tersebut adalah milik KUPS , Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) dan milik milik masyarakat. Saat ini yang mengelola panti asuhan kambing adalah KUPS yang diketuai oleh bapak Aspar Edi. Sedangkan LPHD Pulau Kumbang yang mengurus panti asuhan kambing adalah Syapirin.

Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Kumbang Mandiri merupakan binaan Yayasan Palung dan Perhutanan Sosial.

Seperti diketahui, UKM tersebut juga bergerak dalam bidang kerajinan hasil hutan bukan kayu (hhbk) seperti tempurung kelapa, asap cair, dodol kelapa, keripik pisang. Selain kelompok ini memiliki demplot kunyit yang diberi nama Cabe Liak Bawang Kunyit (CLBK).

Berharap, panti asuhan kambing ini bisa menjadi pilihan atau alternatif, dapat berkembang dan dapat membantu masyarakat di sekitar hutan.

Baca juga : https://pontianak.tribunnews.com/2019/06/18/lphd-mencari-penghasilan-alternatif-yang-berkelanjutan-dari-menjaga-hutan

Petrus Kanisius-Yayasan Palung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: