Selamat Atas Pelantikan Relawan Konservasi TAJAM Angkatan ke-9

Pantia memberikan pengarahan kepada Anggota baru RK-TAJAM angkatan ke-9 yang akan di Lantik. Foto dok : Yayasan Palung

Sabtu (11/7/2020) kemarin, telah dilaksanakan kegiatan pelantikan Relawan Konservasi Taruna Penjaga Alam (RK-TAJAM) angkatan ke-9 tahun 2020 yang dilaksanakan di Pantai Tanjung Belandang, Kabupaten Ketapang.

Rombongan dimulai berangkat menuju lokasi pada pukul 08.40 WIB dan tiba di Pantai Tanjung Belandang pada pukul 09.02 WIB.  Semua Peserta calon  RK-TAJAM  diarahkan panitia untuk  berbaris rapi karna akan persiapan senam bersama. Setelah kegiatan senam selesai, peserta diarahkan untuk  sarapan terlebih dahulu sebelum melanjutkan kegiatan yang sudah dijadwalkan oleh panitia. Setelah selesai sarapan pada pukul 09.45 WIB, peserta calon RK-TAJAM diberi arahan oleh panitia (Tajam Senior) untuk berbaris rapi mendengarkan intruksi dari pembina kegiatan RK-TAJAM.  

Selanjutnya setelah pengarahan selesai, seluruh peserta semangat dan siap untuk menuju pos-pos (ada lima pos) yang disiapkan oleh panitia. Pada pos pertama,  peserta diarahkan oleh panitia menuju pos satu untuk mengikuti intruksi mencari harta yang hilang sesuai petunjuk yang telah di berikan kepada masing-masing peserta.

Berikut beberapa foto kegiatan Pelantikan Relawan Tajam angkatan ke-9 yang dilaksanakan di Tanjung Belandang

Pos satu telah selesai, peserta melanjutkan perjalanan lagi ke pos dua untuk menghafalakan visi dan misi RK-Tajam, seputar organisasi Yayasan Palung, hutan, orang hutan, alam, dan Profil RK-TAJAM  yang ditulis dikertas  peserta mengisi kuis. Setelah selesai mengisi kuis peserta melanjutkan menuju pos tiga, di pos tiga peserta menyerahkan jawaban kuis dan peserta siap uji mental untuk melewati tantangan (halang rintang) yang disiapkan oleh panitia. Setelah selesai melewati halang rintang peserta melanjutkan perjalanan menuju pos empat, di pos empat peserta diminta alasan mengapa mau bergabung dengan RK-TAJAM.

Setelah selesai di pos empat, selesai peserta melanjudkan menuju pos lima. Di pos lima, mereka disuruh mencari slayer yang sengaja disembunyikan panitia di semak-semak dan di pohon. Adapun tujuanya untuk menambah kejelian dan ketelitian peserta saat berada di dalam hutan setelah semua intruksi  selesai  peserta pun diarahkan untuk persiapan pelantikan pada pukul 16.02 WIB, peserta sebelum dilantik diberikan pecerahan terlebih dahulu oleh pembina dan pj acara untuk menambah pengetahuan dan pemahaman mereka terhadap menjaga alam dan upaya yang harus mereka lakukan dan tujuan yang akan dicapai RK-TAJAM ketapang dan Yayasan Palung. Pada pukul 16.30 WIB peserta RK-TAJAM baru resmi dilantik secara simbolis dengan mengenakan selayer RK-TAJAM baru oleh  panitia RK- TAJAM (RK-Tajam Senior) dan pembina Relawan Tajam, Haning Pertiwi.

Pelantikan pun selesai dilaksanakan dengan lancar. Setelah pelantikan selesai dilaksanakan, peserta melaksanakan bakti sosial (baksos) membersihkan sampah di sekitar pantai. Acara selanjutnya adalah makan bersama dengan tujuan untuk menambah keakraban panitia dan peserta baru yang telah dilantik. Setelah makan bersama selesai, panitia mengarahkan peserta untuk membuat kreasi dari alam dengan mebuat kreasi bahan dari alam dari ranting kayu sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Setelah pukul 17.39 WIB, peserta diarahkan oleh pembina untuk persiapan sayonara, Kegiatan pelantikan RK-TAJAM angkatan ke-9  tahun 2020 selesai dilaksanakan dengan lancar.

Semua rangkaian kegiatan selesai dilaksanakan pada pukul 18.00 WIB setelah itu pembina memberi arahan pada peserta agar kembali kerumah masing-masing.

Selamat dan sukses atas pelantikan RK-TAJAM angkatan ke-9, dengan demikian mereka resmi bergabung sebagai Relawan muda Yayasan Palung. Pada tahun ini, ada (5) lima  anggota Baru RK-Tajam yang resmi dilantik. Berharap RK-TAJAM angkatan ke-9 bisa menjadi penyambung lidah yang mampu menyuarakan isu-isu konservasi, lebih kreatif dan mampu mengajak masyarakat untuk lebih perduli pada alam  sekitar.

Penulis : Fransiska Suhaimi- BOCS angkatan 2019

Editor : Petrus Kanisius-Yayasan Palung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: