Ekspedisi di Dua Desa, Sampaikan Informasi Tentang Satwa Dilindungi

Saat memberikan materi puppet show (panggung boneka) tentang satwa dilindungi kepada siswa-siswi di SDN 2 Sungai Laur . Foto dok : Simon/ Yayasan Palung

Selama 5 hari ekspedisi Pendidikan lingkungan kami lakukan di dua desa, Desa Sempurna dan Desa Teluk Bayur terkait tentang informasi satwa dilindungi kepada masyarakat dan pihak sekolah.

Ketika kami mengadakan Ekspedisi Pendidikan Lingkungan di Desa Sempurna dan Desa Teluk Bayur, Kecamatan Sungai Laur, kami melakukan kegiatan tersebut pada 21-25 Oktober 2019 kemarin, kami mengadakan diskusi dengan masyarakat, kunjungan ke sekolah-sekolah dan melakukan pemutaran film lingkungan.

Kami mengadakan ceramah lingkungan dan puppet show di SMPN 3 Sungai Laur, SDN 2 Sungai Laur, SDN 6 Sungai Laur dan SDN 22 Sungai Laur. Kami juga mengadakan diskusi masyarakat, pemutaran film lingkungan dan pemasangan plang informasi satwa yang dilindungi di 2 desa tersebut.

Saat berdiskusi dengan masyarakat, ada beberapa persoalan yang mereka hadapi di desa mereka terkait lingkungan satu diantaranya adalah persoalan perburuan oleh orang dari luar desa mereka.

Seperti yang diceritakan, ada cukup sering orang dari luar desa mereka yang berburu di Wilayah Desa Sempurna untuk berburu babi dan satwa lainnya di wilayah tersebut. Bahkan, hal yang sama terjadi di Desa Teluk Bayur. “Para pemburu terkadang datang pada malam hari sehingga sulit untuk diketahui dan terkadang hanya melihat mereka setelah mereka pulang berburu”, demikian tutur salah seorang yang enggan Namanya disebutkan di desa Sempurna saat menuturkan ketika berdiskusi.

Satu kekhawatiran mereka saat ini terkait perburuan adalah hilangnya ragam satwa yang ada diwilayah mereka dan bahaya dari senapan yang bisa saja mengancam nyawa ketika beraktifitas di hutan.

Foto-foto dapat dilihat di : https://www.instagram.com/p/B4OsE0yg5Ca

Sedangkan di sekolah-sekolah kami menyampaikan informasi terkait perlindungan satwa lewat lecture (ceramah tentang lingkungan) dan puppet show (pertunjukan boneka) di kelas tentang satwa dilindungi.

Saat kami berkegiatan di Desa Sempurna, kami ditemani oleh Lufti, staf dari BTNGP resort Sempurna. Kami juga menginap di Resort Tanagupa yang ada di Sempurna. Kami juga ditemani Junardi seorang penerima beasiswa orangutan Kalimantan (BOCS) yang ikut serta dalam kegiatan ekspedisi.

Sebelum pulang, kami menyempatkan diri untuk memasang plang terkait satwa-satwa yang dilindungi. Selain juga informasi tentang Undang-undang perlindungan satwa, UU no. 5 tahun 1990.

Semua rangkaian kegiatan yang kami lakukan berjalan sesuai dengan rencana dan mendapat sambutan baik dari warga masyarakat di dua desa dan dari pihak sekolah.

Petrus Kanisius-Yayasan Palung

Posted in YP

Published by

yayasanpalung

Yayasan Palung, berdiri sejak tahun 2002. Yayasan Palung (YP) merupakan lembaga non profit yang bekerja untuk konservasi orangutan dan habitat serta pengembangan masyarakat. Yayasan Palung bekerja dengan semua pihak yang mempunyai tujuan sama untuk perlindungan terhadap orangutan dan habitat di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.