Kelompok Tani dan Pengrajin Tanam Ratusan Bakau untuk Cegah Abrasi di Pantai Pasir Mayang

Ibu-ibu dari kelompok pengrajin hhbk dan kelompok tani saat melakukan penanaman bakau di lokasi Pantai Pasir Mayang, pada (26/10) kemarin.

Sekitar pukul 06.00 Wib, Sabtu (26/10/ 2019) kemarin, Kelompok Tani Meteor Garden dan Kelompok Pengrajin HHBK melakukan pennaman ratusan bibit bakau dalam rangka mengembalikan kondisi hutan bakau dan mencegah abrasi di Dusun Pasir Mayang, Desa Pampang Harapan, Kabupaten Kayong Utara.

Kegiatan penanaman bibit bakau di hutan mangrove ini merupakan dukungan atas inisiatif dari Berkenaan dengan hal tersebut makan diwujudkan dalam bentuk kegiatan penanaman mangrove sebanyak 650 bibit. 300 bibit pertama sudah ditanam pada (13/10/2019) kemarin dan pada Sabtu 26 Oktober 2019 ditanam kembali 300 bibit.

Rayendra dari Dinas Lingkungan Hidup KKU dan Mahasiswi dari Newyork saat melakukan penanaman bakau di Pantai Pasir Mayang, pada (26/10) kemarin.

Ikut serta dalam penanaman adalah dari Dinas LH KKU, Yayasan Palung, Komunitas Pengrajin HHBK (Ida Craft dan ResamKU), Kelompok Petani Meteor Garden, Keterwakilan Nelayan Desa Pampang Harapan, Staf Desa Pampang Harapan, Peneliti Kesehatan dari Newyork. 

semua peserta yang melakukan penanaman pohon bakau di Pantai Pasir Mayang, pada (26/10) kemarin.

Sedangkan jumlah peserta yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini diikuti oleh 32 orang.  Sedangkan Total bibit yang ditanam ada 300 bibit bakau. Adapun 50 bibit lainnya akan dilakukan tanam sulam pada bibit yang tidak bertahan akan ombak pantai.

Adapun tujuan dari penanaman bakau ini dimaksudkan untuk mengembalikan kondisi hutan bakau dan mencegah abrasi di Dusun Pasir Mayang, Desa Pampang Harapan, Kabupaten Kayong Utara.

Semua rangkaian kegiatan ini berjalan sesuai rencana dan berharap tanaman dapat tumbuh sebagai benteng yang bisa menahan gelombang dan mencegah abrasi.

Petrus Kanisius dan Salmah-Yayasan Palung

Posted in YP

Published by

yayasanpalung

Yayasan Palung, berdiri sejak tahun 2002. Yayasan Palung (YP) merupakan lembaga non profit yang bekerja untuk konservasi orangutan dan habitat serta pengembangan masyarakat. Yayasan Palung bekerja dengan semua pihak yang mempunyai tujuan sama untuk perlindungan terhadap orangutan dan habitat di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.