Alfred Si Raja Rimba yang Sah di Cabang Panti

Alfred Si Raja Rimba di Cabang Panti. Foto Muhammad Syainullah

Hai, Nama saya Muhammad Syainullah. Saya adalah asisten laboratorium di Stasiun Riset Cabang Panti, yaitu Stasiun Riset dengan Proyek penelitian yang bergerak dibidang penelitian seputar Orangutan di alam liar.

” Suatu hari saya sedang berada dihutan dengan agenda mencari orangutan dan saya bertemu dengan betina remaja, saya sangat senang saat itu. Ketika saya sudah bersiap-siap mengikuti nya saya tidak melihat bahwa dibelakang orangutan betina itu ada jantan dewasa, dialah orangutan Alfred”.

Dan salah satu Orangutan yang kami teliti adalah Alfred, Kali ini saya akan membicarakan tentang Orangutan ini. Pertama kali saya bertemu orangutan ini ketika 3 bulan pertama saya berkerja di Stasiun Riset ini dan saya rasa ini sangat menakjubkan, dan kenapa saya sebut dia adalah raja yang sah di stasiun riset ini? karena pada saat itu dan sampai sekarang Alfred adalah jantan utama yang masih mendominasi pada wilayah penelitian pada daerah tertentu yang biasa ia jelajahi.

Alfred Si Raja Rimba di Cabang Panti. Foto Muhammad Syainullah

Di estimasikan bahwa Alfred lahir pada tahun 1996 sehigga pada saat ini Alfred telah berusia 23 tahun, salah satu yang membuat saya tertarik untuk membuat artikel tentang Alfred adalah karena hingga kini dia masih menjadi satu-satunya jantan utama di sekitaran area penelitian dan masih banyak lagi sebetulnya tapi Orangutan lain nya tidak sebesar dia.

Saya tau dia kurang senang dengan saya karena hampir 1,5 tahun pengalaman saya bersama orangutan sudah cukup membuat saya yakin bahwa tingkah laku nya seperti kurang suka dengan saya.

Pada saat itu saya mencoba untuk tetap tenang tapi Alfred mencoba mengejar saya, seketika itu pula saya berlari menjauh darinya, saya tahu meskipun pada hari itu dia sangat agresif  itu karena dia hanya mencoba melindungi si betina dan biasanya Alfred cukup habituasi dengan para asisten. sebetulnya masih banyak hal yang menarik yang perlu dipelajari tentang Alfred,tentang kerajaan nya, dan tentang orangutan lain. Dan kita hanya perlu menjaga habitat nya untuk mendapatkan hal hal menarik dari mereka untuk kita pelajari.

Penulis : Muhammad Syainullah

Editor : Petrus Kanisius

Yayasan Palung

Posted in YP

Published by

yayasanpalung

Yayasan Palung, berdiri sejak tahun 2002. Yayasan Palung (YP) merupakan lembaga non profit yang bekerja untuk konservasi orangutan dan habitat serta pengembangan masyarakat. Yayasan Palung bekerja dengan semua pihak yang mempunyai tujuan sama untuk perlindungan terhadap orangutan dan habitat di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.