Satu Individu Bayi Orangutan Diselamatkan di Sandai

Rescue Orangutan milik pemilihara Bapak Acuan di Sandai. Foto dok. Yayasan Palung

Rescue Orangutan milik pemilihara Bapak Acuan di Sandai. Foto dok. Yayasan Palung

Ancaman terhadap individu Orangutan di Kabupaten Ketapang khususnya terkesan tidak pernah berhenti baik ancaman lansung terhadap individu Orangutan itu sendiri maupun ancaman terhadap habitat orangutan itu sendiri yang di akibatkan oleh pembukaan areal perkebunan sawit, pertambangan secara besar-besaran. Belum lama ini, di Kecamatan Sandai telah diselamatkan satu individu Orangutan milik salah satu warga bernama Bapak Lim Khie Chuan alias Bapak Achuan.

Bayi Orangutan berusian ± 1,5 tahun, berjenis kelamin Jantan, orangutan tersebut diberi nama Didik. Proses rescue itu dilakukan oleh Seksi Konservasi Wilayah I Ketapang yang bekerjasama dengan YIARI dan Yayasan Palung setelah sebelumnya berkoordinasi dengan anggota Polsek Sandai.

Berdasarkan keterangan Bapak Acuan bahwa pada hari sabtu (11/6/ 2016) ada salah satu warga yang tidak dikenal nama dan asalnya membawa bayi orangutan yang kondisinya sangat lemah. Merasa prihatin maka Bapak Acuan langsung meyelamatkan.

Dalam masa perawatan yang dilakukan Bapak Acuan dan sebelum diserahkan kepada pihak yang berwewenang bayi Orangutan di beri minum madu dan susu dengan tujuan menyegarkan kondisi bayi orangutan yang awal diselamatkan dalam kondisi sangat lemah dan kritis.

Selanjutnya melalui bantuan anggota Polsek Sandai dan Pendeta Necery O. Kondoy memngkomunikasikan kepada SKW I Ketapang, YIARI dan Yayasan Palung untuk secepatnya diselamatkan. Hasil pemeriksaan terhadap bayi Orangutan ada indikasi mendapatkan dengan cara menembak induknya dan mengambil anak. Hal ini di perkuat adanya peluru senapan yang bersarang di bahu bayi Orangutan.

Proses penyerahan bayi Orangutan dilakukan pada hari selama selasa (14 Juni 2016) yang dilakukan oleh SKW I Ketapang, YIARI dan Yayasan Palung. Serta dalam proses penyerahan disaksikan beberapa tokoh masyarakat yang ada di Kecamatan Sandai termasuk Bapak Pendeta Necery O. Kondoy. Dalam hal ini Yayasan Palung memberikan perghargaan dan ucapan terima kasih kepada Bapak Necery O.

Kondoy yang telah membantu proses penyelamatan bayi Orangutan bahkan pada tahun 2010 juga telah membantu dalam penyelamatan 1 individu bayi Orangutan. Bahkan Bapak Pendeta Necery O. Kondoy sangat bersedia menyampaikan kepada tokoh-tokoh masyarakat agar tidak melakukan perburuan, pemeliharaan serta perdagangan satwa dilindungi termasuk Orangutan.

Yayasan Palung juga, mengucapkan terima kasih kepada Bapak Acuan dan keluarga yang telah menyelamatkan serta menyerahkan secara sukarela bayi Orangutan. Setelah proses penyerahan diselesai dilakukan yang di tuangkan dalam Berita Acara (BA) penyerahan, bayi Orangutan dibawa ke pusat rehabilitasi yang di kelola YIARI untuk dapat perawatan lebih baik sebelum dilepasliarkan kembali ke habitatnya. (Edi Rahman-Yayasan Palung)

Published by

yayasanpalung

Yayasan Palung, berdiri sejak tahun 2002. Yayasan Palung (YP) merupakan lembaga non profit yang bekerja untuk konservasi orangutan dan habitat serta pengembangan masyarakat. Yayasan Palung bekerja dengan semua pihak yang mempunyai tujuan sama untuk perlindungan terhadap orangutan dan habitat di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.