Monitoring Kelompok Budidaya Ikan di Dusun Tanjung Gunung

Monitoring Kelompok Budidaya Ikan Binaan di Dusun Tanjung Gunung. (Foto : Salmah/Yayasan Palung).

Program Sustainable Livelihood (Program Mata Pencaharian Berkelanjutan) Yayasan Palung (YP) melakukan Monitoring kepada Kelompok Budidaya Ikan binaan, beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan tersebut, monitoring dilakukan kepada Kelompok Mina Sehati di Dusun Tanjung Gunung, Desa Sejahtera, Kabupaten Kayong Utara (KKU).

Dari hasil monitoring ini, budidaya ikan oleh Kelompok Mina Sehati tergolong berhasil. Hal itu ditandai dengan semakin bertambahnya ikan karena sudah berkembang biak.

Menurut anggota Kelompok Mina Sehati, Bapak Abdul Hamid, mengatakan, semula ikan yang berada di tiga kolam jumlahnya 1000 ekor. Saat ini, ikan sudah berkembang biak yang diperkirakan ada sekitar 5000 hingga 6000 ekor.

Asisten Field Officer Program SL Yayasan Palung, Salmah, mengatakan, Adapun jenis ikan yang dibudidayakan oleh kelompok ini adalah ikan nila merah dan nila hitam. Ikan-ikan dari hasil budidaya tersebut nantinya akan disortir (dipilah-pilah) sesuai ukuran. Nantinya juga, hasil dari penyortiran ini akan dijual untuk modal pengembangan selanjutnya, kata Salmah.

Lebih lanjut, Salmah menerangkan, pengembangan-pengembangan budidaya ikan tersebut nantinya digunakan untuk pembuatan kolam baru dan biaya perawat dan pakan ikan.

Tulisan ini sebelumnya dimuat di Tribun Pontianak : https://pontianak.tribunnews.com/2022/09/18/yayasan-palung-monitor-kelompok-budidaya-ikan-dusun-tanjung-gunung-kayong-utara 

Petrus Kanisius-Yayasan Palung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: