Langkah Nyata di Bulan Suci, Berbagi dan Menghargai Bumi

RK-TAJAM belajar Ecoprint dalam rangka Hari Bumi 2022. (Foto : Rachmad Firmanda/RK-TAJAM).

Tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi, pada tahun ini bertepatan dengan bulan Ramadan, RK-TAJAM memperingati hari bumi kali ini dengan mengangkat tema “Mengambil Langkah Nyata di Bulan Suci dengan Berbagi dan Menghargai Bumi”.  Kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan dukungan terhadap perlindungan lingkungan. Ada 3 rangkaian kegiatan yang dilaskanakan pada hari jumat tersebut, yaitu belajar membuat ecoprint, membagikan bibit pohon (jambu) gratis kepada masyarakat Ketapang, dan buka puasa bersama, sehingga hari bumi bisa dirayakan dengan cara yang bermakna.

Belajar membuat ecoprint  gunanya agar wawasan relawan bertambah tentang mengurangi kerusakan lingkungan dan ekosistem akibat limbah kimia pabrik tekstil, dengan cara membuat ecoprint inilah memanfaatkan bahan alami menjadi produk yang cantik dan unik serta menumbuhkan kesadaran bahwa ciptaan Tuhan YME sangatlah indah dan bisa dimanfaatkan secara bijaksana tanpa merusak alam.

Kegiatan ecoprint ini dipandu oleh ibu Caterin (Caterinara Ecoprint), beliau dulunya adalah seorang ibu rumah tangga biasa, tetapi karena beliau menyukai mengoleksi bunga bunga sehingga muncullah ide untuk mencoba ecoprint, dari yang hanya iseng saja bisa sampai sekarang terkenal di Ketapang dan menghasilkan ide bisnis dengan pengguna Instagram bernama @Caterinara_ecoprint.

Pukul 14.00  WIB, kami memulai kegiatan membuat ecoprint, ibu Caterin  menjelaskan berbagai cara membuat ecoprint, dalam fesyen ecoprint merupakan teknik memberikan warna dan bentuk dari bahan alami, bahan alami tersebut berupa tumbuhan baik seperti dedaunan dan bunga bunga.

Teknik pembuatannya dibagi menjadi dua yaitu teknik steaming (kukus) dan teknik pounding (pukul), di kegiatan RK-TAJAM kami melakukan ecoprint dengan cara sederhana yaitu cara pounding (pukul) sambil mengikuti instruksi yang diberikan ibu Caterin. Pada teknik pounding pembuatan dengan cara memasukkan daun atau bunga kedalam Tote bag lalu  dipukul sambil dilapisi dengan satu plastik didalam Tote bag dan diluarnya agar saat dipukul Tote bag tidak rusak atau sobek sampai bahan alami nya mengeluarkan warna dan menghasilkan motif. Semakin rata pukulan yang dilakukan maka warna yang dihasilkan akan semakin baik. Jika pola sudah jadi daun atau bunga tersebut bisa dilepas dan diamkan kain selama satu hingga tiga hari supaya warna daun benar-benar menyatu pada kain. Tahap selanjutnya kain dibilas pada air yang dicampur tawas tanpa perlu diperas kemudian langsung dijemur agar warna daun tidak luntur saat dicuci, teknik pounding yang kami gunakan dikegiatan ini pun paling sederhana di ecoprint. Sedangkan pada teknik steaming pemateri hanya menjelaskan tidak mempraktekkan karna cara ini  membutuhkan waktu lebih lama tetapi hasilnya juga sama bagusnya dengan teknik pounding. selesai membuat ecoprint kami berfoto bersama dengan menunjukkan hasil karya yang telah dibuat masing masing anggota RK-TAJAM.

Foto dokumen : Rachmad Firmanda/RK-TAJAM.

Kegiatan lainnya yang kami lakukan untuk merayakan hari bumi yaitu membagikan bibit pohon jambu kepada warga yang melintas dan berhenti di simpang empat Agoesjam, walaupun hujan gerimis kami tidak pantang menyerah untuk berbagi bibit pohon yang sangat berguna bagi lingkungan. Tujuan dari berbagi bibit pohon ini agar masyarakat ikut serta melakukan aksi nyata dalam melakukan penghijauan dilingkungan sekitarnya dan penanaman pohon tidak saja hanya dilakukan oleh kelompok organisasi tapi harus dilakukan semua orang yang hidup di bumi ini.

Waktu demi waktu sudah berlalu tidak terasa sudah mendekati buka puasa, kemudian azan magrib berkumandang dan kami pun berbuka puasa sambil meneguk es cincau dengan takjil dan sholat berjamaah. Setelah melakukan ibadah kami langsung menyantap soto ayam panas dengan penuh lahap. Perut kenyang hati pun senang  setelah melepas lelahnya kegiatan penuh bermakna hari ini.

Penulis Hafizhatul Husna– (RK-TAJAM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: