YP Bersama KPH Kayong Sampaikan Progres Pendampingan dan Pembinaan KUPS di Simpang Hilir

YP dan KPH Kayong saat menyampaikan progres pendampingan dan pembinaan bagi KUPS di Kecamatan Simpang Hilir. Kamis (17/02/2022). (Sumber Foto : Ilham/Warta Kayong).

Yayasan Palung bersama Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) menyampaikan progres (kemajuan) terkait pendampingan dan pembinaan bagi Kelompok Usaha Perhutanan Sosial. Kegiatan ini diadakan di kediaman Pendamping KUPS dari Yayasan Palung, Erlis Surya Ningsih di Dusun Mutiara Desa Penjalaan Kecamatan Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara, Kamis (17/02/2022).

Progres terkait pendampingan dan pembinaan ini disampaikan kepada seluruh pengurus KUPS yang ada di Simpang Hilir.

Dalam kesempatan penyampaian progres ini, Hendarto, selaku Kepala KPH Kabupaten Kayong Utara, menyampaikan terkait progres. “Saat ini Kita sudah mempunyai Galeri yang diberikan oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Barat kepada KPH, ini sebagai bentuk motivasi dan apresiasi Gubernur Kalimantan Barat kepada KPH se-Provinsi Kalimantan Barat yang telah membina Kelompok Usaha Perhutanan Sosial yang ada di setiap Kabupaten Kotanya masing-masing, walau demikian Bapak Gubernur tetap memantau perkembangan Kinerja KPH, yang di buktikan dengan Intensitas Pengrajin dalam mengembangkan,mengisi dan menjual Prodak KUPS di Galeri yang telah tersedia, saat ini pengelolaan Galeri tersebut dikelola oleh wadah Koperasi”.

Dalam kesempatan itu, Hendarto juga menyinggung tanaman agroforestri Kopi yang saat ini sedang dikembangkan tidak hanya jenis kopi Robusta yang memang sudah ada di setiap desa di kecamatan Simpang Hilir seperti jenis kopi ekselsa dan jenis kopi liberika juga akan dikembangkan di Kabupaten Kayong Utara.

“Pengembangan Komoditi kopi tersebut akan dimulai dengan sekolah lapangan yang akan dilakukan di Desa Penjalaan beberapa waktu kedepan, demi terbentuknya petani-petani kopi yang trampil serta berpengetahuan dan demi mendapatkan biji kopi yang berwalitas yang diharapkan akan tembus kepasaran Nasional,” kata Hendarto.

Selanjutnya Hendarto memberikan semangat kepada Para Ketua KUPS yang saat itu hadir. “Silakan Bapak ibu yang sudah memiliki produk unggulan masing-masing untuk terus berupaya memperbanyak serta mengembangkan Prodaknya dengan inovasi-inovasi baru,perlu juga diingat khusus Prodak Makanan dan minuman sebaiknya sudah memiliki PIRT serta lebel Halal, berhubung kita sudah memiliki Galeri di Pontianak,ini akan mempermudah kita untuk menjual hasil prodak KUPS. Saat ini Prodak yang sudah ada di galeri tersebut tidak hanya berasal dari kayong utara saja,tetapi juga berasal dari Tiga belas (13) Kabupaten Kota Lainnya dikalimantan Barat,” ujar Hendarto.

Para pengurus KUPS yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut menyambut baik apa yang telah dilakukan oleh YP dan KPH Kayong selama ini. walau mereka sedikit terkendala masalah permodalan, dilain pihak upaya dalam membatu serta meningkatkan penjualan Prodak KUPS Juga dilakukan oleh YP di wilayah Kayong Utara, saat ini YP melalui pendampingnya siap mengakomodir hasil prodak KUPS yang nantinya akan di jual di galeri Yayasan Palung di Bentangor melalui pendampingnya YP juga berupaya membantu legalitas prodak seperti PIRT serta lebel Halal dengan melakukan kerja sama bersama Dispridagkop Kabupatrn Kayong Utara, sementara prodak yang dijual di galeri Yayasan Palung dikhususkan pada hari Sabtu dan Minggu saja.

Direktur Program Yayasan Palung, Edi Rahman, mengatakan,”Saya berharap, selain kualitas yang harus dijaga juga pada prodak. Brand lebel disetiap prodak juga perlu dimunculkan, silakan setiap KUPS memasang lebel yang dimana disetiap lebel ada gambar Orangutan. selain itu, tulisan Organik pada lebel Prodak juga perlu dimunculkan ini sebagai bentuk keramahan hasil produk terhadap alam sekitar.”

Desi Kuniawati dari Yayasan Palung selaku Pembina KUPS menyampaikan, ”Erlis, selaku pendamping, nantinya akan berkunjung di setiap KUPS ibu/bapak untuk memantau perkembangan KUPS dengan bertanya berapa banyak produsi, dijual kemana saja, berapa banyak penjualan dan berapa keuntungan dari penjualan,yang nantinya akan diinput oleh Pendamping dan dilaporkan kepada Pihak Yayasan Palung agar kelebihan maupun kekurangan disetiap KUPS dapat terpantau dan dapat diberikan pembinaan demi keberlangsungan KUPS tersebut dengan harapan Dua Puluh Tiga (23) KUPS yang ada di Kecamatan Simpang Hilir lebih maju dan berkembang serta mampu mencapai kesejahteraan bagi anggota kelompok Perhutanan Sosial.”

Sumber berita wartakayong.net : https://wartakayong.net/2022/02/17/progres-kups-lingkup-simpang-hilir/

Ditulis ulang dan diedit

Penulis : Ihm/Vr

Editor : Pit

(Yayasan Palung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: