Manfaatkan Lahan Tidur, Kelompok Tani Meteor Garden Panen Sayur di Kebun yang Mereka Olah

Saat Kelompok Tani Meteor Garden panen sayur di kebun yang mereka olah. Beberapa sayur seperti mentimun (timun), terong, gambas (lepang) dan kacang panjang berhasil mereka panen, pekan lalu. Foto : (Tim SL/Yayasan Palung).

Pekan lalu, Kelompok Tani Meteor Garden panen sayur di kebun yang mereka olah. Beberapa sayur seperti mentimun (timun), terong, gambas (lepang) dan kacang panjang berhasil mereka panen.

Anggota Kelompok Tani Meteor Garden yang melakukan panen adalah bapak Idris dan bang Ishak. Setidaknya ada 300 kilogram (kg) timun, 20 kg terong, 38 kg gambas dan 125 kg kacang panjang yang mereka panen. Selanjutnya, hasil panen tersebut mereka jual ke masyarakat yang ada di sekitar desa Pampang Harapan dan ke pasar daerah yang ada di Kabupaten Kayong Utara (KKU).

Panen kacang panjang dan timun . (Foto : SL/ Yayasan Palung).

Dari hasil menjual terong sebanyak 20 kg, bapak Idris berhasil mendapat Rp. 120.000. Sedangkan bapak Ishak, dari hasil panen berupa 300 kg timun, 38 kg gambas dan 125 kg kacang panjang berhasil mendapatkan Rp. 2.854.000 dari hasil penjualan.

Kelompok Tani Meteor Garden bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan tidur yang ada di sekitar rumah mereka. Mereka adalah kelompok tani binaan Yayasan Palung, melalui Program Sustainable Livelihood (SL).

Manager Program Sustainable Livelihood, Ranti Naruri, mengatakan, “Melihat hasil panen sayur komunitas berlimpah di bulan April lalu membuat semangat dalam mendampingi komunitas untuk tetap bercocok tanam dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi menghadap Hari Raya Idul Fitri sebagai sumber rezeki bagi mereka yang akan mempersiapkan kebutuhan di hari raya, semoga petani organik dari Kelompok Meteor Garden tetap bersemangat bertani demi menjaga habitat satwa yang dilindungi, dimana yang kita ketahui petani ini adalah logger sebelumnya”.

Penulis : Pit & Salmah

Editor : Yandhi

Yayasan Palung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: