Kukang Liar di Pemukiman Warga Diselamatkan dan Dilepasliarkan ke Habitatnya

Kukang Kalimantan (Nycticebus menagensis) yang ditemukan di pemukiman warga di dusun Menlinsum, desa Sejahtera, Kabupaten Kayong Utara, Selasa (6/4/2021). Foto : Yayasan Palung

Menurut keterangan Abdul Samad, kukang liar tersebut ditemukan sedang berada di pohon mangga di dekat pemukiman warga milik Bapak Moli di dusun Menlinsum, desa Sejahtera, Kabupaten Kayong Utara, Selasa (6/4/2021).

Cerita ditemukannya kukang ini bermula ketika Abdul Samad dan Asbandi dari Yayasan Palung melakukan koordinasi kegiatan ke Desa Sejahtera tiba-tiba mereka dipanggil seorang warga di dusun Melinsum untuk mengabarkan keberadaan Kukang liar yang berada di pohon mangga di dekat halaman rumahnya.

Lebih lanjut kukang tersebut ditemukan pak Moli di pohon mangganya waktu pagi hari, kata Samad.

Yayasan Palung menghubungi pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah 1 Ketapang untuk melaporkan terkait keberadaan kukang tersebut.

Selanjutnya, kukang liar yang ditemukan di pohon mangga milik pak Moli tersebut  dilepasliarkan  ke hutan Tanjung Keranji di Desa Pampang Harapan oleh Simon Tampubolon dari Yayasan Palung bersama dengan Agun Prayoga dari Relawan Bentangor Untuk Konservasi (REBONK).  

Animal and Habitat Protection Yayasan Palung (YP), Erik Sulidra mengatakan, “Dengan adanya kukang liar di pemukiman warga, yang menjadi pertanyaan adalah apakah ada yang salah dengan habitatnya? Mengapa masuk ke pemukiman warga? dan apakah habitat aslinya sudah rusak? ”

Kukang ini diperkirakan adalah jenis Kukang Kalimantan (Nycticebus menagensis) salah satu spesies primata dari genus Nycticebus yang penyebarannya di Indonesia meliputi pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan.

Di Indonesia sendiri ada 3 jenis kukang. Kukang Jawa (Nycticebus javanicus), Kukang Sumatera (Nycticebus coucang) dan Kukang Kalimantan (Nycticebus menagensis).

Kukang tergolong satwa pemakan segala (omnivora), seperti halnya dengan primata lainnya pakan utama adalah buah-buahan dan dedaunan.

Dalam status konservasi, Kukang Kalimantan dalam kategori Rentan (Vulnerable/VU) dalam daftar Redlist IUCN. Sedangkan CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of wild fauna and flora) memasukan kukang ke dalam apendix II.

Sebelumnya tulisan ini dimuat di : https://ruai.tv/ketapang/kukang-liar-muncul-di-pemukiman-warga-kayong-utara/

Petrus Kanisius-Yayasan Palung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

<span>%d</span> blogger menyukai ini: