Mengenang Sosok Pak Udin Seorang Petani dan Pemilihara Lingkungan

Almarhum Jainuddin1

Almarhum Bapak Jainudin (Pak Udin) Semasa Hidup
Untuk seorang teman, sahabat, bapak dan guru bagi kami, Bapak Jainudin, yang akrab disapa Pak Udin. Beliau telah berpulang (meninggal dunia), pada; 25 Agustus 2015 karena sakit, di usianya yang ke 60. Kami Keluarga besar Yayasan Palung (GPOCP) sangat kehilangan dengan berpulangnya Pak Udin.
Kami keluarga besar dari Yayasan Palung sangat kehilangan dari seorang sosok Pak Udin. Sebagai teman; Pak Udin dikenal dengan kesederhanaannya, Keramahannya, kesetiaannya, keikhlasannya dan bersahaja serta keuletan dalam bekerja untuk membantu masyarakat.

Sebagai seorang bapak; Pak Udin dikenal ikhlas bersanda gurau dengan siapa saja termasuk anak muda dan siapa saja. Sebagai guru; banyak hal baik dan semangat yang beliau ajarkan kepada kami.

Organic Farming at Bentangor

Pak Udin saat merawat tanaman dan lingkungan

Organic Farming at Bentangor 3

Pak Udin dan berbagai bibit tanaman organik

Bapak Jainudin, dari awal hingga akhir hayatnya mencurahkan seluruh jiwa raganya untuk konservasi di Tanah Kayong. Bapak Jainudin pernah menjadi asisten peneliti di Stasiun Riset Cabang Panti, Gunung Palung, saat itu menjadi Asisten peneliti bagi Cheryl Knott dan Tim Laman dan beberapa peneliti lainnya selama kurang lebih 15 tahun. Pada tahun 2002- 2006; membantu Yayasan Palung di APLP (Arena Pembelajaran Lingkungan Peramas) yang sekarang menjadi pusat perkantoran Pemerintah Kab. Kayong Utara, beliau pada waktu itu membantu sebagai pemandu untuk jalur field trip anak-anak sekolah. Selanjutnya Pak Udin, dari tahun 2010- 2015; bekarja di Yayasan Palung sebagai Staf di program pertanian organik di Pusat Pendidikan Lingkungan Yayasan Palung (Environmental Education Bentangor Pampang Center Yayasan Palung) di Desa Pampang Harapan.
Selamat jalan teman/kawan, sahabat, bapak dan guru kami Bapak Jainudin (Pak Udin), terima kasih dari kami dari Yayasan Palung (GPOCP) untuk semua pengabdianmu hingga akhir hayatmu.
Kami akan selalu mengenang segala jasa-jasamu dan semoga amal ibadahmu di terima oleh Allah SWT, bagi keluarga almarhum semoga tabah. Amin…

Posted in YP

Published by

yayasanpalung

Yayasan Palung, berdiri sejak tahun 2002. Yayasan Palung (YP) merupakan lembaga non profit yang bekerja untuk konservasi orangutan dan habitat serta pengembangan masyarakat. Yayasan Palung bekerja dengan semua pihak yang mempunyai tujuan sama untuk perlindungan terhadap orangutan dan habitat di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.