Kegiatan Lapangan di dalam Kawasan Lindung Hutan Desa

Pemasangan kamera trap di lokasi Hutan Desa. (Foto : Program HD Yayasan Palung).

Kegiatan ini terdiri dari pemasangan  alat pengukur suhu, pengukur curah hujan, bioakustik dan kamera trap di kawasan lindung Hutan Desa (HD), Hutan Desa Pemangat dan Nipah Kuning. Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari (tanggal 9-11/8/2022).

Kegiatan pertama dilakukan di Hutan Desa Alam Hijau, desa Pemangkat dan di hari ke 2 dan ke 3 dilakukan di hutan desa Hutan Bersama desa Nipah Kuning. Beberapa kegiatan diantaranya adalah pemasangan kamera trap, bioakustik dan pengukuran suhu.

Koordinator Program Hutan Desa, Hendri Gunawan, mengatakan, adapun tujuan dari pemasangan kamera trap, bioakustik dan pengukuran suhu ini memiliki tujuan diantaranya adalah untuk membandingkan data biodiversitas, data curah hujan dan suhu  yang ada di Cabang Panti, Rangkong, Hutan Desa Pemangkat dan Hutan Desa Nipah Kuning.

Lebih lanjut, kata Hendri, adapun tujuan khusus dari kegiatan lapangan ini karena sebelumnya di wilayah Hutan Desa Pemangkat dan Nipah Kuning belum pernah ada data curah hujan, suhu dan pemasangan kamera trap.

Sebagai informasi, pemasangan bioakustik di wilayah hutan desa ini bertujuan untuk mengambil data melalui suara.  Sedangkan pemasangan kamera trap  untuk memonitor dan untuk konservasi kehidupan liar di hutan dan bisa dipergunakan untuk memonitor populasi dari banyak jenis binatang yang biasanya sulit untuk di temukan dan di pelajari.

Di dua hutan desa (Hutan Desa Pemangkat dan Nipah Kuning) tersebut dipasang masing-masing 2 kamera trap, 1 pengukur suhu, 1 pengukur curah hujan, dan 1 bioakustik.

Adapun kegiatan pemasangan kamera trap ini merupakan kegiatan Yayasan Palung (YP). Spesialnya, dalam kegiatan itu dihadiri langsung oleh Cheryl Knott selaku Direktur Eksekutif Yayasan Palung, Edi Rahman (Direktur YP) dan Natalie Robinson (Koordinator Program YP).

Foto-foto galeri :

Dalam pemasangan alat-alat di hutan desa tersebut juga melibatkan dua Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) dari Pemangkat dan dari Nipah Kuning.  

Video Editor : Robi Kasianus

Foto : Hendri, Robi/Program Hutan Desa

Penulis : Petrus Kanisius

(Yayasan Palung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: