Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2021, Yayasan Palung Bersama Para Pihak Adakan Serangkaian Kegiatan di Pantai Mutiara

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2021, Yayasan Palung Bersama Para Pihak Adakan Serangkaian Kegitatan di Pantai Mutiara, Desa Gunung Sembilan, KKU pada Minggu (21/2) kemarin. Foto : Yayasan Palung

Yayasan Palung mengadakan serangkaian kegiatan di Objek Wisata Pantai Mutiara, Desa Gunung Sembilan, Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Minggu (21/2/ 2021) lalu. 

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN 2021) yang diperingati setiap tanggal 21 Februari 2021. Pada kegiatan tersebut Yayasan Palung bekerja sama dengan Desa Gunung Sembilan, Relawan REBONK, Sispala TAPAL, Pengelola Pantai Mutiara POKDARWIS Anak Kaki Gunung Sembilan dan masyarakat di sekitar pantai.

Adapun serangkaian kegiatan yang dilakukan antara lain adalah pemasangan plang tentang ajakan untuk peduli sampah dan kegiatan bakti sosial membersihkan sampah di sekitar pantai.

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan oleh seluruh peserta kegiatan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan baik dari pihak Yayasan Palung, Kepala Desa dan juga Ketua POKDARWIS Pantai Mutiara.

Dalam sambutannya  Kepala Desa Gunung Sembilan dan juga POKDARWIS mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berperan dalam kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional tersebut. Pihak Desa dan POKDARWIS berharap dengan adanya kegiatan positif ini dapat memberikan motivasi kepada pengelola Pantai dan juga para pemilik warung sekitar Pantai agar dapat menjaga lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya dan juga tetap menjaga kebersihan.

Setelah upacara usai, kegiatan dilanjutkan dengan pemasangan plang tentang lama terurai sampah disebelah kanan dan kiri jalan masuk Pantai Mutiara. Kemudian ada beberapa plang lainnya yang berisi pesan;  Jagalah Kebersihan, Buanglah Sampah pada Tempatnya, dan juga plang yang bertuliskan; Ayo!!!! Ke Pantai Mutiara.

Setelah pemasangan plang sampah selesai, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan Bakti Sosial yaitu melakukan aksi bersih-bersih sampah disekitar Pantai, alhasil dari kegiatan baksos tersebut sampah yang terkumpul hanya sedikit saja sekitar 3 kantong sampah. Hal ini membuktikan bahwa sampah yang ada di Pantai Mutiara masih terbilang sedikit jika dibandingkan dengan wisata lainnya. Setelah kegiatan Baksos selesai, semua peserta kegiatan istirahat sambil menikmati snack yang telah disediakan oleh Yayasan Palung dan juga Relawan REBONK.

Pesan dari kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional ini adalah Indonesia saat ini merupakan penghasil sampah plastik terbesar nomor dua setelah Cina, jika perbuatan buruk ini akan terus dilakukan maka akan berdampak buruk bagi negara kita, misalnya seperti akan terjadi banjir, menyebabkan beberapa penyakit seperti diare dan juga demam berdarah.

Kita sebagai generasi muda seharusnya ikut berperan aktif dalam hal mengurangi terjadinya sampah. Misalnya seperti membawa botol minum bukan sekali pakai pada saat bepergian, mengurangi kantong plastik pada saat berbelanja dengan membawa tas kain, dan pada saat membeli es/jus di cafe tidak menggunakan plastik dan sedotan tetapi menggunakan gelas. Hal-hal kecil ini mungkin bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam mengurangi terjadinya sampah. 

Semua kegiatan berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun dan diikuti 50 orang peserta.

Penulis : Riduwan-Yayasan Palung

Baca juga : http://ruai.tv/kayong-utara/bersih-bersih-pantai-di-hari-peduli-sampah-nasional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: