Workshop Guru (Pelatihan Guru) di Kayong Utara, Ajakan untuk Menerapkan Bahan Ajar Lingkungan Hidup di Sekolah-sekolah

Mas’ud Effendi dari Lembaga Baktiku untuk Negara (BAUNG) Pasuruan, saat menyampaikan presentasinya sebagai fasilitator pada kegiatan pelatihan guru. Foto dok : Pit-YP

Setidaknya 62 orang guru yang terdiri dari perwakilan guru dari sekolah-sekolah yang ada di dua Kecamatan di Kabupaten Kayong Utara (KKU) mengikuti workshop guru (Pelatihan Guru) selama dua hari (15-16/10/2019) kemarin.

Kegiatan Workshop Guru (Pelatihan Guru) di Kayong Utara berkat kerjasama (kolaborasi) Yayasan Palung dan Yayasan ASRI bersama PerkimLH KKU dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara, kegiatan ini akan dilaksanakan. Kegiatan yang dilaksanakan ini dilaksanakan di Gedung Pertemuan, Yayasan ASRI. Adapun peserta dari kegiatan ini adalah perwakilan dari sekolah-sekolah (sekolah dari tingkat SD, SMP dan SMA) yang ada di Kecamatan Sukadana dan Kecamatan Simpang Hilir, KKU.

Kegiatan pelatihan guru tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kayong Utara, yang diwakili oleh bapak Muhammad Irvan, S.Pd. Selain itu juga, kegiatan dibuka langsung oleh direktur Yayasan Palung dan Yayasan ASRI.

Kegiatan pada hari pertama (15/10/2019) pada kegiatan tersebut adalah pembukaan kegiatan, perkenalan, materi terkait pendidikan lingkungan dan pada siangnya akan dilanjutkan dengan fieldtrip (kunjungan langsung ke hutan) di Air Intan, Bukit Peramas di sekitar Hutan di dekat Pantai Pulau Datok. Fieldtrip tersebut bertujuan untuk melakukan observasi tanaman dan satwa.

Foto-foto dapat dilihat di :

View this post on Instagram

Workshop Guru (Pelatihan Guru) di Kayong Utara Kegiatan Workshop Guru (Pelatihan Guru) di Kayong Utara diselenggarakan oleh Yayasan Palung ( @yayasan_palung ) , Yayasan ASRI ( @alamsehatlestari ), PerkimLH KKU dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara, kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari ( 15-16 Oktober 2019). Kegiatan yang dilaksanakan ini dilaksanakan di Gedung Pertemuan, Yayasan ASRI. Adapun peserta dari kegiatan ini adalah perwakilan dari sekolah-sekolah (sekolah dari tingkat SD, SMP dan SMA) yang ada di Kecamatan Sukadana dan Kecamatan Simpang Hilir, KKU. Kegiatan pelatihan guru ini dibuka oleh Dinas Pendidikan Kayong Utara, yang diwakili oleh bapak Muhammad Irvan, S.Pd Selain juga kegiatan ini dibuka langsung oleh direktur Yayasan Palung dan Yayasan ASRI. Kegiatan untuk hari pertama (15/10) hari ini adalah pembukaan kegiatan, perkenalan, materi terkait pendidikan lingkungan dan pada siangnya akan dilanjutkan dengan fieldtrip (kunjungan langsung ke hutan) di Air Intan, di sekitar Hutan di dekat Pantai Pulau Datok untuk melakukan pengamatan tumbuhan dan hewan, mengeksplore alam yang ada di sekitar TNGP. Sebagai pemateri dalam kegiatan ini adalah Mas'ud Effendi dari Lembaga Baktiku untuk Negara (BAUNG) Pasuruan. Pada kegiatan ini, diikuti oleh 62 orang yang terdiri dari perwakilan guru dari sekolah-sekolah yang ada di dua Kecamatan di KKU. Pada hari kedua (16/10) besok, kegiatan dilanjutan dengan diskusi dan Rencana Tindak Lanjut. Narasi & 📸: @petruskanisiuspit @yayasan_palung @alamsehatlestari @savegporangutans #pelatihanguru #edukasi #education #lingkunganhidup #lhkku #kayonginformasi #tribunpontianak #kompasiana #kompas #tribunnews

A post shared by Yayasan Palung (YP) (@yayasan_palung) on

Melalui fieldtrip tersebut, mereka diajak menemukan berbagai ide dan inspirasi bahan ajar berkaitan dengan lingkungan hidup atau pun juga tentang keanekaragaman hayati yang ada dan dituliskan di kertas plano. Selanjutnya mereka mempresentasikan dan semua kelompok berkesempatan untuk memberikan masukan kepada masing-masing kelompok saat memprentasikan hasil temuan mereka saat melakukan pengamatan pada saat fieldtrip (kunjungan lapangan) kemarin, terkait keanekaragaman hayati. 

Adapun yang menjadi bahan diskusi adalah media pembelajaran yang sudah dilakukan oleh guru pada masing-masing sekolah dan apa saja yang bisa dilakukan untuk memperkayanya. Kemudian ada kolam ide dimana guru-guru dapat menuangkan ide, rencana, dan pendapat terkait dengan proses belajar mengajar yang kreatif dan menyenangkan untuk kemudian dipandu oleh fasilitator menemukan cara baru yang bisa diterapkan di sekolah masing-masing.

Foto-foto dapat dilihat di :

Sedangkan tujuan dari pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam beberapa hal, antara lain adalah; Menggali ide kreatif dalam memanfaatkan potensi sumber daya alam di sekitar lingkungan sekolah dan kabupaten sebagai media dan bahan belajar bersama siswa dan guru. Menciptakan sarana ataupun wadah belajar yang kreatif dan menyenangkan. Menjadi ajang komunikasi tentang  peran serta aktif dalam upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup antar sekolah di kabupaten Kayong Utara. Selain itu juga memperbaharui energi para guru dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Victoria Gehrke, Direktur Yayasan Palung mengatakan, “Yayasan Palung bekerja untuk mendidik dan membangun kesadaran disemua tingkatan sistem pendidikan secara mendasar untuk mengubah pemahaman dan perilaku terhadap orangutan dan satwa liar di kawasan Gunung Palung yang liar dan unik. Kami sangat berterima kasih bahwa begitu banyak sekolah dan guru dapat berpartisipasi dalam pelatihan tersebut dan kami bekerjasama dengan Yayasan ASRI. Kami berharap dapat menindaklanjuti dengan mereka tentang bagaimana mereka berhasil menerapkan materi, konsep dan teknik baru dalam kurikulum mereka”.

Sebagai pemateri dalam kegiatan pelatihan guru adalah Mas’ud Effendi dari Lembaga Baktiku untuk Negara (BAUNG) Pasuruan.

Rabu (16/10/2019) hari terakhir kegiatan, mereka diajak untuk menyusun dan membuat rencana tindak lanjut (RTL)agar menerapkan hasil  pelaihan berupa bahan ajar lingkungan hidup di sekolah-sekolah.

Semua kegiatan berjalan sesuai dengan rencana dan mendapat sambutan baik dari para peserta.

Petrus Kanisius-Yayasan Palung

Posted in YP

Published by

yayasanpalung

Yayasan Palung, berdiri sejak tahun 2002. Yayasan Palung (YP) merupakan lembaga non profit yang bekerja untuk konservasi orangutan dan habitat serta pengembangan masyarakat. Yayasan Palung bekerja dengan semua pihak yang mempunyai tujuan sama untuk perlindungan terhadap orangutan dan habitat di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.