13 Relawan Tajam Yayasan Palung Resmi Dilantik


Relawan Tajam Yayasan Palung berfoto setelah acara pelantikan. Foto dok : Yayasan Palung

Mereka (relawan Tajam) Yayasan Palung angkatan ke-8 secara resmi dilantik. Kegiatan pelantikan anggota Relawan Tajam dilaksanakan pada 15-17 Maret 2019 di Riam Kinjil, Matan Hilir Selatan yang letaknya di kawasan penyangga Taman Nasional Gunung Palung.

Ada 13 orang (4 laki-laki dan 9 orang perempuan) anggota baru Relawan Tajam yang dilantik kemarin. Mereka adalah relawan muda yang berasal dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Ketapang.

Relawan Tajam sebelum dilantik terlebih dahulu memperoleh peningkatan kapasitas dari Yayasan Palung seperti keorganisasian, kerelawanan, cara mengembangkan potensi dan motivasi diri sebagai bekal mereka (relawan) untuk menyebarkan virus konservasi dengan tindakan-tindakan sederhana tetapi nyata (berkegiatan untuk peduli lingkungan; termasuk aksi-aksi sosial dan bakti sisial). Tidak hanya itu, Relawan Tajam juga aktif merencanakan program kerja mereka seperti penanaman, daur ulang kertas dan botol plastik.

Sebelum dikukuhkan menjadi anggota Tajam angkatan ke-8,  panitia yang tak lain adalah anggota Tajam angkatan 1-7 ditunjuk sebagai panitia. Dalam kegiatan pelantikan anggota Tajam yang baru, beberapa kegiatan yang mereka lakukan antara lain seperti diskusi terkait analisa isu konservasi, mereka juga masing-masing menceritakan tentang cerita mereka (personal story). Mereka juga diajak untuk melatih konsentrasi dan menyatu dengan alam (untuk melatih kepekaan) dengan metode sound scape forest (mendengarkan suara alam).

Anggota Relawan Tajam angkatan ke-8 saat melakukan praktek pengamatan satwa. Foto dok : Yayasan Palung

Selain itu, panitia dan peserta (Relawan Tajam angkatan ke-8) diajak untuk melakukan pengamatan satwa air, pengamatan flora dan fauna, bersih-bersih di sekitar kawasan tempat berkegiatan dan dilanjutkan dengan pelantikan anggota relawan Tajam yang baru.

Relawan Tajam berfoto bersama setelah rangkaian kegiatan selesai. Foto dok : Yayasan Palung

Sebelum mengakhiri seluruh rangkaian kegiatan, mereka (Relawan Tajam)  membuat rencana tindak lanjut (RTL) terkait program kegiatan apa yang akan mereka lakukan selanjutnya setelah mereka menjadi resmi relawan Tajam.

Dari Yayasan Palung sebagai pendamping dalam rangkaian kegiatan pelantikan Relawan Tajam yang baru (Tajam angkatan ke-8) adalah Haning Pertiwi dan Hendri Gunawan. Kegiatan pelantikan ini dibantu oleh teman-teman Relawan REBONK (relawan Yayasan Palung yang ada di Kabupaten Kayong Utara); Sidiq dan Fauzen. Relawan Tajam angkatan  pertama, Winda dan Sola, Tajam angkatan ke-3. Serta pendamping lainnya 2 orang dari Balai Taman Nasional Gunung Palung.

Setelah pelantikan, semua anggota Tajam yang lama dan baru terlihat tanpa ragu membaur satu dengan yang lainnya.

Semua rangkaian kegiatan pelantikan Relawan Tajam yang baru  berjalan sesuai rencana, hanya terkendala cuaca hujan yang cukup deras. Diakhir kegiatan, peserta menyempatan diri untuk berfoto bersama.

Petrus Kanisius-Yayasan Palung

Posted in YP

Published by

yayasanpalung

Yayasan Palung, berdiri sejak tahun 2002. Yayasan Palung (YP) merupakan lembaga non profit yang bekerja untuk konservasi orangutan dan habitat serta pengembangan masyarakat. Yayasan Palung bekerja dengan semua pihak yang mempunyai tujuan sama untuk perlindungan terhadap orangutan dan habitat di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.