Tak Sekedar Fieldtrip, Mereka Juga Belajar Secara Langsung di Perpustakaan Alam 

Mereka tak sekedar fieldtrip, tetapi juga belajar secara langsung di Perpustakaan Alam yang ada di Lubuk Baji, Kawasan Penyangga Taman Nasional Gunung Palung, pada 8-10 Februari 2019.

Mereka adalah SMK Negeri 1 Ketapang jurusan UPW kelas XII. Saat fieldtrip mereka didampingi oleh Yayasan Palung dan dari BTNGP.

Peserta yang mengikuti fieldtrip pada kesempatan tersebut berjumlah 28 orang dan didampingi oleh guru pendamping 2 orang, 4 orang pendamping dari Yayasan palung, dari TNGP 2 orang dan dari Relawan Konservasi 2 orang.

Adapun tujuan dari mereka melakukan fieldtrip, yaitu sebagai sarana untuk menambah kapasitas siswa dibidang parawisata dan pengetahuan tentang  alam.

Obyek wisata Lubuk Baji terdapat di Desa Sedahan Jaya. Di sana terdapat berbagai macam flora dan fauna, seperti orangutan dan rangkong (burung enggang). Di wisata Lubuk Baji terdapat dua air terjun, yaitu air terjun Lubuk Bengkek dan Air terjun Lubuk Baji.

Pada pukul 07.00 Wib, Sebelum berangkat ke obyek wisata Lubuk Baji, mereka terlebih dahulu berkumpul di sekolah untuk pelepasan dari pihak kepala sekolah. Setelah itu, mereka langsung berangkat menggunakan mobil menuju Bentangor di Desa Pampang Harapan dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan.

Sampainya di Bentangor, mereka beristirahat dan sholat Jum’at berjamaah di masjid terdekat. Setelah sholat, mereka berkumpul di ruangan bentangor untuk makan siang. Selesai makan, pukul 13.00 Wib mereka melanjutkan perjalanan menujur obyek wisata Lubuk Baji. Kurang lebih 30 menit di perjalanan, mereka pun sampai di obyek wisata lubuk baji dan mereka langsung berkumpul sesuai kelompok yang telah di bagikan, dan mendengarkan arahan dari pihak panitia dan TNGP.

Selesai pemberian arahan, mereka langsung memulai perjalanan menuju Camp Lubuk Baji dengan kelompok yang telah di tentukan dan di pandu oleh pihak TNGP. Di dalam perjalanan mereka mengamati flora dan fauna yang ada di wisata lubuk baji. Mereka merasa capek dengan medan yang cukup menanjak dan mereka meminta untuk beristirahat sejenak. Di saat melanjutkan perjalanan, asa salah satu dari siswa merasa sakit dan perjalanan terhenti cukup sejenak beberapa menit.

Kurang lebih dua jam perjalanan, mereka akhirnya sampai di Camp Lubuk Baji, mereka beristirahat sejenak dan bersiap-siap untuk sholat dan masak untuk makan malam.

Setelah sholat dan makan malam, mereka berdiskusi saling sharing dan evaluasi selama mereka di perjalanan menuju ke lubuk baji, dan kegiatan evaluasi dan sharing tersebut di pimpin oleh Noviasari, Egi Iskandar, dan Anggi Saputra. Kurang lebih 1 jam mereka berdiskusi, mereka pun beristirahat (tidur malam).

Pukul  04.00-07.00 Wib mereka berativitas seperti biasanya seperti sholat, mandi, masak dan sarapan. Setelah sarapan, mereka mengikuti kegiatan selanjutnya, yaitu pengamatan tumbuhan. Dalam pengamatan tersebut, materi di sampaikan oleh Simon Tampubolon dari Yayasan Palung. Setelah mereka mendengarkan materi, mereka di minta turun kelapangan untuk mengamati tumbuhan. Setelah pengamatan di lapangan, mereka diminta untuk mempresentasikan apa saja yang telah mereka lihat, dengar dan di dapat saat melakukan pengamatan.

Setelah pengamatan, mereka di ajak bermain game yaitu game rantai kata. Tujuan game itu agar mereka tidak asal menyampaikan informasi yang belum jelas kelastiannya supaya tidak menjadi informasi yang hoax.

Selesai main game, selanjutnya ISHOMA (Istirahat, Sholat, dan Makan). Setelah ISHOMA, selanjutnya mereka mengikuti kegiatan pengamatan satwa air yang di sampaikan oleh Wawan Anggriyandi. Setelah mereka mendengarkan materi dan arahan dari pemateri, mereka di minta turun kelapangan untuk mengamati satwa yang ada di air. Setelah mereka melakukan pengamatan di air, mereka di mingak untuk mempresentasikan hasil apa yang telah mereka amati.

Saat peserta fieldtrip melakukan pengamatan air. Foto dok : Anggi Relawan Konservasi RebonK/Yayasan Palung

Selesai melakukan pengamatan satwa air, mereka selanjutnya diajak untuk bermain game yang dipandu oleh Nurrahman dan Haning  Pertiwi.

Selesai mereka bermain (game), pukul 16.30 Wib, mereka bersiap-siap untuk masak, mandi dan sholat. Setelah sholat mereka makan bersama dengan lauk seadanya. Selesai makan, pukul 19.00 Wib, selanjutnya mereka melakukan pengamatan malam. Tetapi dikarenakan cuaca yang hujan, pengamatan malam diganti dengan penyampaian materi tentang Taman Nasional Gunung Palung yang disampaikan oleh Pihak TNGP yaitu Nurrahman dan Rama Matullah.

Dalam penyampaian materi, disebutkan; Taman Nasional Gunung Palung memiliki wilayah seluas 108 ribu hektare lebih. Di Taman Nasional Gunung Palung terdapat beberapa tempat wisata salah satunya Lubuk Baji, Bukit Begentar, Air Terjun Riam Berasap, dan Bukit Mandale.

Setelah penyampaian materi terkait tentang Taman Nasional Gunung Palung, peserta fieldtrip selanjutnya beristirahat tidur, untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Batu Bulan pada esok harinya.

Pada pukul 04.00 Wib mereka bangun tidur, dan siap siap untuk sholat. Selesai sholat, pukul 05.00 Wib mereka langsung memulai perjalanan menuju Batu Bulan. Kurang lebih 30 menit di perjalanan, mereka pun sampai di Batu Bulan. Mereka (peserta fieldtrip) terlihat begitu menikmati indahnya pemandangan alam dari atas Batu Bulan, mereka juga dapat menyaksikan mentari pagi yang timbul dari balik Gunung Palung.

Pukul 07.00 Wib mereka pun melanjutkan perjalanan pulang menuju Camp Lubuk Baji dengan jalur perjalanan yang berbeda. Di perjalanan mereka menemukan sebuah pohon akar liana yang cukup besar dan batu batu yang berbentuk gerbang, batu tersebut disebut Batu Gerbang. Selain itu, mereka juga menemukan sarang orangutan, tetapi sayangnya kami tidak bertemu dengan orangutan.

Sampainya mereka di Camp, peserta selanjutnya sarapan pagi. Setelah mereka sarapan, mereka membereskan barang mereka untuk bersiap turun pulang. Sebelum pulang mereka bersama-sama membersihkan camp. Setelah membersihkan camp, mereka berkumpul sesuai kolompok yang telah di bagikan, dan mereka bersiap untuk turun pulang.

Kurang lebih 1 jam mereka di perjalanan, mereka beristirahat di Lubuk Bengkik untuk mandi. Setelah mandi, mereka melanjutkan perjalanan menuju Begasing. Sesampai di Begasing, mereka beristirahat sambil menungu mobil jemputan datang. Sampainya mobil jemputan datang, mereka langsung menuju ke Pantai Pulau Datok. Sampainya mereka di pantai, mereka makan bersama sambil menikmati suasana pantai.

Waktu menunjukkan pukul 16.00 Wib, mereka berkumpul menguncapkan terima kasih atas kegiatan fieldtrip yang berjalan lancar. Sebelum mengahiri kegiatan fieldtrip Mereka berdoa bersama-sama dan saling bersalaman atas berakhirnya kegiatan fieldtrip mereka.

Syarifudin, selaku Guru Parawisata SMK Negeri 1 Ketapang, mengungkapkan; “kegiatan ini adalah kegiatan dalam rangka fieldtrip, sebagai bagian dari pendidikan keparawisataan. Jadi, di jurusan UPW kegiatan ini tidak hanya dilakukan di dalam ruangan, tetapi juga melakukan kunjungan ke obyek wisata yang ada di Taman Nasional Gunung Palung. Kebetulan Taman Nasional Gunung Palung juga memikili kekayaan alam yang sangat indah, ini sangat baik untuk mengenalkan kepada siswa obyek wisata yang ada di Taman Nasional Gunung Palung”.

Whagea Saputra, Ketua kelas XII UPW SMK 1 Ketapang, mengatakan; Walaupun di  perjalanan sangat melelahkan, tetapi akhirnya terbayarkan oleh indahnya alam Lubuk Baji, selain juga kegiatan fieldtrip seperti ini membuat kami mendapatkan ilmu pengetahuan alam dan berbagai ekosistem yang belum pernah kami jumpai secara langsung.

Kegiatan Fieldtrip tersebut berjalan sesuai rencana dan mendapat sambutan baik dari peserta dan pihak sekolah.

Penulis: Egi Iskandar (Relawan Konservasi REBONK, angkatan 8)

Editor : Petrus Kanisius

Yayasan Palung

Posted in YP

Published by

yayasanpalung

Yayasan Palung, berdiri sejak tahun 2002. Yayasan Palung (YP) merupakan lembaga non profit yang bekerja untuk konservasi orangutan dan habitat serta pengembangan masyarakat. Yayasan Palung bekerja dengan semua pihak yang mempunyai tujuan sama untuk perlindungan terhadap orangutan dan habitat di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.