Survei Sarang Orangutan dengan Menggunakan Drone

foto-survei-drone-1
Saat melakukan survei sarang orangutan di beberapa desa di sekitar Kawasan Taman Nasional Gunung Palung, pada bulan november tahun lalu. Foto dok. YP/GPOCP

Pada tanggal (12/11/2016) tahun lalu, Yayasan palung melakukan survei sarang orangutan menggunakan drone jenis Fixed-wings. Survei ini bertujuan untuk menilai update status populasi orangutan di Taman Nasional Gunung Palung, dengan cara pendekatan baru yaitu dengan menggunakan pesawat drone berjenis Fixed-wings.

Drone ialah sebuah pesawat tanpa awak (Unmaned Aerial Vehicle (UAV) dimana perangkat ini mendukung untuk pengambilan data secara fotogrametri. Survei drone dilakukan selama 11 hari, pada 6 transek (Batu barat, Matan, Selingsing, Sempurna dan Kubing). Setiap transek memiliki beberapa kontur mulai dari Hutan rawa gambut, dataran rendah hingga hutan pegunungan. Saat melakukan survei di lapangan cuaca sering berubah menjadi mendung kemudian hujan, hal ini menyulitkan kami untuk mengambil data survei sarang karena drone hanya dapat terbang dengan cuaca yang cerah. Sehingga pada saat di transek Matan kami harus menunggu selama 2 hari hingga cuaca cerah untuk mendapatkan hasil data foto yang terbaik.

foto-survei-drone-2

Saat melakukan survei sarang orangutan di beberapa desa di sekitar Kawasan Taman Nasional Gunung Palung, pada bulan november tahun lalu. Foto 2, dok. YP/GPOCP

Saat kami mencoba menemukan transek di Sempurna tiba-tiba jalan transek terputus sehingga kami harus mencari jalan alternatif untuk menuju transek, saya mencoba menerbangkan drone berjenis multi-rotor ini relatif mudah dikendalikan dan hovering. Dan akhirnya kami bisa menemukan jalan kaki sekitar 4 jam menuju ke transek sempurna dan melanjutkan survei sarang orangutan dengan menggunakan pesawat fixed-wings.

Pengamatan sarang dilakukan dengan menganalisis hasil foto dari atas pesawat, Hasil yang didapat berupa foto hasil pesawat fixed-wings dengan ketinggian 300 m hasilnya dari foto tersebut ditemukan beberapa sarang orangutan. Hasil foto yang didapat melalui drone sangat bagus dan daerah yang disurvei bisa lebih luas. Seperti pada gambar yang telah teranalisis di bawah ini.

foto-survei-drone-3

Hasil foto yang didapatkan dari survei di sekitar Kawasan Taman Nasional Gunung Palung, pada bulan november tahun lalu. Foto dok. YP/GPOCP

By : Syahik Nurbani-Yayasan Palung (GPOCP)

Published by

yayasanpalung

Yayasan Palung, berdiri sejak tahun 2002. Yayasan Palung (YP) merupakan lembaga non profit yang bekerja untuk konservasi orangutan dan habitat serta pengembangan masyarakat. Yayasan Palung bekerja dengan semua pihak yang mempunyai tujuan sama untuk perlindungan terhadap orangutan dan habitat di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.