Bermain Boneka  Di Sekolah, Sembari Belajar Tentang Orangutan

puppet-show-sdn-19-delta-pawan

Puppet Show SDN 19 Delta Pawan. Foto dok. Yayasan Palung

Anak-anak sekolah dasar terlihat antusias untuk memainkan boneka, mereka sangat senang saat mendengarkan dengan seksama cerita tentang orangutan, pagi hingga menjelang tengah hari di hari kamis, (21/1/2013).

Bermain boneka bersama anak-anak di sekolah sembari belajar tentang orangutan itulah yang dilakukan Tim Pendidikan Lingkungan Yayasan Palung lakukan di dua sekolah Dasar yang ada di Ketapang. Adapun dua sekolah yang kami kunjungi  tersebut adalah SDN 10 Delta Pawan dan SDN 19 Delta Pawan.

Puppet Show (panggung boneka), dengan media boneka yang Yayasan Palung lakukan untuk belajar bersama tentang orangutan. Salah satu tujuan untuk memberikan informasi tentang orangutan sebagai satwa yang dilindungi melalui cerita dengan media boneka.

Dalam penyampaian materi belajar tentang pengenalan orangutan, siswa-siswi diajak untuk mengenal seperti orangutan merupakan satwa langka yang hanya terdapat di dua pulau yaitu di Pulau Kalimantan dan Sumatera. Ciri-ciri fisik orangutan warnanya coklat kemerah-merahan, badannya besar dan termasuk dalam kelompok kera besar, dan satu-satunya kera besar yang ada di Asia.

Selain itu, dalam cerita dengan media boneka tersebut diceritakan bahwa orangutan tidak boleh dipelihara, orangutan dilindungi oleh undang-undang. Dalam bermain boneka tersebut juga diceritakan tentang orangutan sebagai spesies payung karena berperan sebagai penyebar biji dan penyeimbang ekosistem. Selanjutnya juga, siswa-siswi diajak bernyanyi lagu pongo (lagu tentang orangutan).

Menyaksikan film pendek tentang perilaku orangutan tidak dilewatkan, film tersebut bercerita tentang perilaku orangutan sehari-hari seperti membuat sarang, memakan buah hutan dan melindungi diri dari hujan dengan dedaunan ketika hujan turun. Siswa- siswi juga diberi kesempatan untuk bertanya jawab dari materi yang disampaikan.

Sekolah pertama yang kami sambangi adalah di SDN 10 Delta Pawan, Kelurahan Sukaharja. Tiga siswa ikut terlibat (bergabung) atau berperan ikut memainkan boneka dalam bercerita. Mereka bertiga berperan menjadi Bekantan, Kelasi dan orangutan jantan. Sebelum bercerita, murid-murid dibagikan pre-test dan pos test untuk mengukur pengetahun mereka tentang materi yang disampaikan. Tidak kurang 118 orang siswa-siswi kelas 4, 5 dan 6 yang ikut ambil bagian dalam belajar tentang orangutan tersebut. Kegiatan berlangsung dari pukul 08.00-09.30 Wib.

Selanjutnya sekolah dasar negeri 19 Delta Pawan, yang kami kunjungi. 41 siswa-siswi kelas 4 dan 5 ikut dalam kegiatan puppet show tersebut. Puppet show kami lakukan pukul 10.00- 11.45 Wib. Materi yang kami sampaikan pun sama belajar tentang orangutan. Dari Yayasan Palung yang ikut dalam kegiatan Puppet show tersebut antara lain Mayi Achmad, Ranti Naruri, Rudi Hartono dan Petrus Kanisius.

Kegiatan Puppet Show merupakan kegiatan rutin dari program pendidikan lingkungan Yayasan Palung yang dilakukan ke sekolah-sekolah yang ada di dua Kabupaten; Ketapang dan Kayong Utara.

Setelah bermain boneka sembari belajar tentang orangutan, kami pun menyudahi kegiatan tersebut. Kegiatan berjalan sesuai dengan rencana dan mendapat sambutan baik dari sekolah. Sebelum pulang, kami menyempatkan juga untuk membagikan kalender tentang orangutan dan Media Informasi Satwa (MiaS). By: Petrus Kanisius-Yayasan Palung.

Sumber Tribun Pontianak, baca selengkapnya di: http://pontianak.tribunnews.com/2016/01/25/bermain-boneka-di-sekolah-sembari-belajar-tentang-orangutan

 

Published by

yayasanpalung

Yayasan Palung, berdiri sejak tahun 2002. Yayasan Palung (YP) merupakan lembaga non profit yang bekerja untuk konservasi orangutan dan habitat serta pengembangan masyarakat. Yayasan Palung bekerja dengan semua pihak yang mempunyai tujuan sama untuk perlindungan terhadap orangutan dan habitat di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.